tugas seorang guru

3 Tugas Seorang Guru yang Wajib dipahami dengan Baik

Posted on

Tugas Seorang Guru wajib dipahami dan dilakukan dengan baik jika anda bercita-cita menjadi guru yang sejati. Kita tentu tahu bahwa profesi guru adalah salah profesi yang mulia, saking mulianya profesi ini kerap kali dikenal dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

tugas seorang guru

Namun sekarang tidak sedikit oknum guru yang bertindak menyimpang, mungkin hal tersebut karena oknum tersebut lupa akan tugasnya sebagai guru.

Nah agar anda yang saat ini berprofesi sebagai guru atau anda calon guru sebaiknya simak artikel info dunia pendidikan ini yang memaparkan tugas yang diemban seorang guru, selengkapnya silahkan simak berikut ini :

Inilah Tugas Seorang Guru yang Wajib dilakukan

Pada dasarnya seorang guru memiliki tiga buah tugas penting yang harus dilakukan, apa saja ketiga tugas tersebut?

Yang pertama adalah tugas profesional, yang kedua adalah tugas sosial, dan yang ketiga adalah tugas personal. Penjabaran dari ketiga macam tugas tersebut, akan diulas dibawah ini, silahkan lanjutkan membacanya.

Tugas Profesional

Tugas seorang guru yang pertama yakni tugas profesional, Tugas ini meliputi  4 segi yaitu guru bertugas untuk mendidik, guru bertugas untuk mengajar, guru bertugas untuk  melatih/membimbing dan guru bertugas untuk melakukan penelitian (riset). Mendidik dalam konteks ini memiliki arti tugas guru untuk meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup.

Mengajar memiliki arti tugas guru untuk meneruskan dan mengembangkan iptek, Melatih atau Membimbing memiliki arti tugas seorang guru untuk dapat mengembangkan ketrampilan-ketrampilan para siswanya,

yang terakhir meneliti memiliki arti tugas seorang guru untuk melakukan pengembangan dalam bidang kependidikan.

Tugas Sosial

Setiap orang yang berprofesi sebagai guru pada khakikatnya memiliki misi kemanusiaan atau  “memanusiakan manusia”.

Artinya bahwa guru memiliki misi untuk melakukan transformasi diri dan auto-identifikasi para siswa didiknya sebagai manusia dewasa yang utuh.

Sehinga ketika berada di sekolah,  seorang guru harus dapat berusaha memposisikan dirinya untuk menjadi “orang tua kedua”  untuk para siswa didiknya, serta memposisikan dirinya dalam kehidupan masyarakat menjadi figur yang dapat diteladani dengan ungkapan lain guru itu harus dapat  “digugu dan ditiru”.

Tugas Personal

Tugas ini terkait dengan pribadi dan kepribadian seorang guru. Dengan adanya tugas personal ini maka seorang guru wajib manata dirinya sendiri  serta memahami konsep dirinya.

Menurut tokoh ahli yang bernama Wiggens meengungkapkan bahwa seorang guru diharapkan dapat berkaca pada dirinya sendiri.

Apabila seorang guru berkaca pada dirinya, maka seorang guru tersebut akan dapat melihat tiga pribadi, yang pertama  “Saya dengan konsep diri saya (self concept)”, yang kedua “Saya dengan ide diri saya (self idea)” dan yang terakhir “ Saya dengan realita diri saya (self reality)”.

Dengan adanya proses refleksi diri pada seorang guru, maka guru akan mampu mengenal dirinya sendiri (autoidentifikasi) yang kemudian dapat melakukan perubahan (tranformasi) dirinya,

hal ini penting sekali mengingat bahwa guru adalah seorang  yang harus dapat “digugu dan ditiru” serta harus “ing ngarso sung tuladha”

Bagi para calon guru dan guru disarankan sebelum anda mengemban misi suci anda terlebih dahulu berusahalah “membangun jati diri anda”.

Salah satu contohnya adalah membangun penampilan anda,  penampilan bagi seorang guru adalah salah satu hal yang penting karena bila seorang guru memiliki penampilan yang kurang menarik, maka akan mengalami kegagalan dalam menarik simpatik siswanya dan akhirnya akan sulit dalam menanamkan benih-benih pengajarannya pada siswa-siswanya

Demikianlah pemaparan tentang tugas guru yang harus dilaksanakan para guru-guru indonesia, semoga ulasan ini dapat memberikan wawasan yang positif bagi anda calon guru atau anda yang saat ini berprofesi sebagai guru ataupun anda yang sedang ingin mengenal tugas seorang guru.

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *