Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak

Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Tepat Sejak dini

Posted on

Anak yang cerdas menjadi salah satu hal yang diidamkan oleh para ibu dan bapak, bagi anda yang ingin memiliki anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi ada baiknya anda menerapkan tips untuk meningkatkan kecerdasan anak yang akan disampaikan dengan tuntas dalam artikel ini.

Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak

Bagi anda para orang tua yang mendambakan seorang anak yang cerdas, maka anda perlu ketahui bahwa anda memiliki peran penting untuk membantu anak anda untuk memiliki kecerdasan yang tinggi.

Apa saja hal yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak mendapat kecerdasan yang optimal, berikut adalah detail tips meningkatkan kecerdasan anak yang bisa anda terapkan sejak dini:

8 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak Secara Efektif

Ada 8 tips yang dapat anda praktikan untuk menunjang kecerdasan si buah hati, selengkapnya silahkan anda baca satu per satu tips berikut ini dengan baik.

Memberi Anak ASI Eksklusif saat masih Bayi

Ketika anak anda masih bayi maka anda sebagai ibu upayakan dapat memberikan ASI kepada anak anda minimal selama 9 bulan atau maksimal 2 tahun setengah.

Mengapa hal ini perlu dilakukan, karena berdasarkan penelitian diketahui bahwasanya bayi yang diberikan ASI eksklusif oleh orang tuanya dalam waktu 9 bulan dapat mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memiliki tingkat kecerdasan baik daripada bayi diberikan ASI dalam waktu kurang dari 9 bulan.

Membudayakan Anak untuk selalu Makan Pagi (Sarapan)

Mengapa orang tua harus membudayakan sarapan pagi untuk anaknya? Hal ini karena dengan sarapan pagi akan menjadikan Anak memiliki memori yang baik dan konsentrasi yang baik ketika belajar.

Lalu apa saja sarapan yang terbaik untuk anak? Sebaiknya sediakanlah sarapan untuk anak dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan sarapan sehat, seperti sereal gandum, buah, dan susu dengan kadar lemak  rendah serta berbagai macam makanan dengan kandungan protein yang kaya misalnya kacang-kacangan maupun telur.

Memenuhi kebutuhan Gizi untuk Anak

Ibu dan ayah yang ingin anaknya cerdas perlu memberikan anak makanan dengan gizi yang cukup seperti membiasakan anak untuk mengkonsumsi  buah, sayur dan ikan yang masih dalam keadaan segar  dan hindarkanlah anak anda dari junk food atau makanan instan lainnya,

Hal ini tidak lain karena otak anak anda yang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan omega 3 yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan segar

Membiasakan Memberi Anak Pertanyaan yang Memancing Ide Anak

Biasakanlah anda untuk selalu memancing ide anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada anak, Tanyakan kepada anak, misalnya; Bagaimana harinya ketika di sekolah, Dimana tempat berwisata atau liburan terbaik menurutnya.

Dengan membiasakan memberikan pertanyaan yang memancing ide anak, maka hal tersebut dapat memotivasi anak Anda untuk dapat memikirkan berbagai ide baru, dimana ide-ide baru tersebut dapat membantu terciptanya hubungan saraf baru dalam otak anak.

Mengajak Anak untuk Berlatih Bermain Alat Musik

Mengapa dengan berlatih alat musik dapat meningkatkan kecerdasan anak? Hal ini karena dengan melakukan pelatihan musik menyebabkan meningkatnya Kemampuan membaca anak dan membuat anak menjadi mudah dalam menangkap arah pembicaraan orang lain.

Selain itu dengan bermain alat musik juga mendorong terjadinya pengembangan saraf yang tercermin pada pola tertentu dari gelombang otak anak.

Membiasakan Budaya Membaca

Selain dapat menambah wawasan dan mengembangkan ranah kognitif anak, ternyata dengan membaca dapat meningkatkan tingkat kecerdasan anak.

Hal ini karena dengan membaca maka akan menyebabkan adanya 8 aspek yang bekerja, yaitu aspek aspek sensorik, belajar, aspek persepsi berpikir, afeksi, sekuensial (tata urutan kerja) dan asosiasi.

Ke delapan aspek tersebut adalah faktor yang berperan penting dalam meningkatkan kemampuan otak dan kecerdasan anak

Membiasakan Anak untuk Mlakukan Olahraga

Mengapa dengan olehraga dapat meningkatkan kecerdasan anak? Hal ini karena dengan olehraga maka dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan aliran oksigen (O2) dan juga aliran darah ke otak anak.

Memberikan Waktu yang Cukup kepada Anak untuk Tidur

Mengapa dengan tidur yang cukup dapat meningkatkan kecerdasan anak? Hal ini karena Jika anak kurang tidur, maka akan terjadi kehilangan kemampuan otak yang berharga.

Mengapa demikian, karena pada dasarnya  tidur mempengaruhi setiap aspek fungsi kognitif anak, termasuk memori, perhatian, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Jadi bagi anda orang tua yang ingin anaknya memiliki kecerdasan yang baik maka tetapkan waktu tidur yang konsisten dan waktu yang tepat untuk membangunakan anak Anda, matikanlah televisi, komputer atau laptop dan perangkat lainnya 2 jam sebelum anak tidur.

Demikianlah ulasan tentang cara meningkatkan kecerdasan anak yang dapat disampaikan dalam situs info dunia pendidikan, semoga artikel singkat ini dapat membantu anda untuk meningkatkan kecerdasan anak anda atau anda sendiri maupun keluarga dan kerabat anda.

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *