pembelajaran berbasis web

Pembelajaran Berbasis Web: Media Belajar Efektif dan Inovatif

Posted on

Sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat, kemajuan teknologi ini melahirkan inovasi dalam dunia pendidikan, yaitu munculnya Pembelajaran Berbasis Web atau web based learning.

pembelajaran berbasis web

Dalam kehidupan kehadiran internet sudah menjadi kebutuhan yang hampir semua orang perlukan, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan, sekarang ini munculah sebuah pembelajaran yang dibalut dengan internet yang dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Web atau Web Based Learning .

Apakah pembelajaran berbasis web? Secara umum pembelajaran ini dapat dimaknai sebagai salah satu dari bentuk pembelajaran e-learning yang proses dalam penyediaan dan penyampaian materi dilakukan melalui internet dalam hal ini website.

Pengertian Pembelajaran Berbasis Web

Pembelajaran berbasis web diartikan sebagai sebuah proses aktivitas pembelajaran yang  didalamnya menggunakan web atau internet sebagai media yang utama dan efektif.

Selain itu pembelajaran berbasis web juga dapat didefinisikan sebagai sebuah pengalaman dalam belajar yang didalamnya memanfaatkan web atau jaringan internet dalam melakukan komunikasi dan penyampaian berbagai informasi pembelajarnya.

Dari pengertian di atas maka kita dapat memahami bahwasanya dalam pembelajaran berbasis web memanfaatkan website sebagai media pembelajaran yang utamanya.

Pemakaian web sebagai media belajar dipandang akan membantu pendidik dalam kesuksesan pembelajarannya, mengapa? Karena pada dasarnya dengan Web akan memicu terciptanya suatu lingkungan belajar maya.

Lingkungan seperti apakah itu? Lingkungan belajar maya merupakan Lingkungan belajar yang dapat dilakukan pengaturannya dengan melengkapi berbagai fasilitas yang dapat dikombinasikan pemanfaatannya untuk kepentingan proses pembelajaran, fasilitas tersebut yaitu forum diskusi, adanya fasilitas chat, fasilitas penilaian online,  dan juga adanya fasilitas sistem administrasi.

Fungsi dari keberadaan lingkungan belajar maya ini samahalnya dengan lingkungan belajar konvensional yang manfaatnya adalah untuk melakukan penyampaian informasi kepada para pembelajar.

Selain itu alasan dari dipakainya web sebagai media pembelajaran adalah karena web dapat dilengkapi dengan hyperlink yang dapat berguna dalam mengakses berbagai informasi dengan acak, sehingga proses perolehan informasi dalam web tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

Simak Juga Model Pembelajaran STAD

Nilai Positif dari Penerapan pembelajaran berbasis WEB

  1. Para siswa dapat belajar sesuai dengan karaktristik dan langkahnya masing-masing karena dalam pembelajaran berbasis web ini menjadikan pembelajaran bersifat individual
  2. Membuka kesempatan kepada setiap siswa atau siapapun, dalam waktu kapanpun dan dimanapun untuk dapat mengeksplor informasi yang tersedia di web.
  3. Terdapat kemudahan dalam pembuatan link (tautan) bagi para pebelajar sehingga memungkinkan pebelajar untuk mengakses segala informasi  yang berasal dari berbagai sumber, baik sumber dari dalam ataupun sumber dari luar lingkungan belajar.
  4. Dapat memicu kemandirian dan keaktivan belajar para pebelajar.
  5. Menyediakan berbagai sumber belajar tambahan yang bermanfaat dalam memperkaya materi ajar.
  6. Sangat potensial  bagi para pebelajar yang kurang memiliki waktu dalam belajar
  7. Dapat dengan mudah dalam memperbaharui atau update isi materi pelajaran.
  8. Menyediakan seach engin atau mesin pencari yang bermanfaat dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Nilai Negatif penerapan pembelajaran berbasis WEB

  1. Kadang-kadang terdapat masalah dalam Akses web yang menjadi masalah bagi siswa.
  2. Kesuksesan dan kegagalan pembelajaran ini Sangat tergantung pada kemandirian dan motivasi pembelajar.
  3. Dapat menjadikan suasana bosan pada pebelajar jika terdapat masalah dalam akses informasi dalam web, karena kesalahan teknis misalnya masalah dalam bandwidth
  4. Memungkinkan pembelajar merasa terisolasi, terutama apabila adanya keterbatasan dalam hal fasilitas komunikasi.
  5. Diperlukan panduan teknis untuk para pembelajar dalam mencari informasi yang relevan, hal ini karena informasi yang ada pada web sangatlah bervariasi.

Demikianlah Penjelasan dari pengertian pembelajaran berbasi web serta kelebihan dan kelemahannya. Semoga dengan membaca ulasan artikel pendidikan pendek ini dapat memberi anda wawasan terkait pembelajaran berbasis web.

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *