Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Langkahnya

Posted on

Model pembelajaran snowball throwing semakin banyak dibahas oleh kalangan guru dan akademisi. Banyaknya model pembelajaran yang berkembang saat ini memang memberikan banyak keuntungan bagi para pengajar, di samping juga cukup sulit untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan pembelajarannya.

Model Pembelajaran Snowball Throwing

Agar anda tidak salah pilih dalam menentukan model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar di kelas, maka anda harus tahu dengan benar sejumlah model-model pembelajaran yang telah berkembang saat ini.

Dalam artikel ini akan dikupas tuntas Model Pembelajaran Snowball Throwing, jika anda saat ini masih belum begitu paham tentang model pembelajaran ini, silahkan anda simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing

Pengertian Model Pembelajaran Snowball Throwing menurut para ahli yaitu model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat-menjawab pertanyaan yang di padukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju. Komalasari (2010).

Jadi bisa dikatakan Model Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang sangat baik untuk melatih siswa agar lebih tanggap dalam menerima pesan berupa bola salju yang dibuat menggunakan kertas digulung di mana isinya berupa pertanyaan.

Bola salju berisi pertanyaan tersebut akan diberikan siswa kepada siswa lainnya kemudian yang menerimanya akan menjawab pertanyaan di dalamnya.

Metode ini sangatlah efektif yang juga melatih ketangkasan dan kecepatan berfikir dalam menjawab soal yang diberikan.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing

Setelah anda memahami dengan tepat pengertian model snowball throwing, maka saatnya anda menyimak bagaimana cara untuk melaksanakannya berikut ini.

Tahap pertama guru menyampaikan materi sekaligus kompetensi yang akan dicapai kemudian membentuk kelompok dalam kelas.

Setelah terpilih ketua kelompoknya maka guru memanggil ketua setiap kelompok untuk memberikan penjelasan.

Setelah itu ketua kelompok dikembalikan pada kelompoknya masing-masing untuk memberikan penjelasan pada teman sekelompoknya.

Jika semuanya telah terlewati maka saatnya guru memberikan lembar kerja untuk setiap siswa untuk menuliskan satu pertanyaan yang sesuai dengan materi.

Jika pertanyaan telah ditulis maka saatnya membentuk kertas menjadi gulungan seperti bola salju sebelum siap dilaksanakan lempar jawab.

Untuk tahap pelaksanaan metode snowball throwing selanjutnya untuk mempersiapkan siswa yang telah memegang bola salju berisi pertanyaan tersebut.

Jika semuanya sudah siap maka saatnya setiap siswa melempar bola salju kepada siswa lain selama kurang lebih 5 menitan.

Setelah semua siswa mendapat bola salju pertanyaan maka saatnya memberikan waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sesi menjawab dibuat secara bergantian agar semua pertanyaan dapat terjawab dengan baik. setelah semua selesai maka guru memberikan evaluasi dan penjelasan lebih lengkapnya yang diikuti dengan penutup.

Setelah anda menyimak semua uraian di atas tentunya sekarang anda mendapat ide untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara unik yang tetap efektif. Dalam pelaksanaannya tetap berikan kebebasan bagi siswa untuk mengekspresikan pertanyaan atau pemahamannya yang akan bermanfaat bagi pemahaman materinya. Selain melatih ketangkasan dengan model pembelajaran snowball throwing ini juga akan melatih kerja sama antar siswa.

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *