Model Pembelajaran Mind Mapping

Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping dan Penerapanya

Posted on

Apakah Model pembelajaran mind mapping itu? mungkin sebagian anda belum tahu dengan jelas model pembalajaran yang satu ini. Asal anda tahu bahwa model mind mapping ini cukup ampuh untuk menanamkan konsep materi ajar dengan baik kepada siswa. Jadi, sekarang anda harus pertimbangkan model pembelajaran ini dalam proses belajar anda di kelas.

Model Pembelajaran Mind Mapping

Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran yang anda targetkan akan tercapai, namun tidak sembarangan dalam menerapkan sebuah model pembelajaran, harus dipahami dulu langkah-langkahnya agar anda tidak keliri dalam praktiknya.

Berikut ini akan dijelaskan secara tuntas bagaimana cara penerapan model Pembelajaran Mind Mapping, jadi untuk anda yang saat ini belum tahu cara penerapan model pembelajaran ini, silahkan baca baik-baik penjelasannya dibawah ini:

Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping

Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping menurut ahli yaitu suatu teknik grafik yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak, karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang lebih dikenal sebagai otak kiri dan otak kanan. Johan (Mahmuddin, 2009: 3)

Jadi bisa dikatakan bahwa Mind mapping merupakan sebuah teknik dalam mencatat yang menuntut kreativitas sehingga catatan tersebut lebih efektif melalui pemetaan fikiran yang ada.

Untuk pembelajaran mind mapping akan membuat siswa untuk kreatif dan berinovasi dalam memetakan materi sesuai dengan fikiran mereka sehingga otak akan lebih mudah memahaminya.

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping

Langkah-langkah Model pembelajaran Mind Mapping yang benar bisa anda simak berikut ini:

Langkah pertama seorang guru akan menyampaikan berbagai kompetensi yang akan dicapai dari materi tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi yang bersangkutan dengan jelas pada siswanya.

Agar lebih efektif maka buat kelompok berisi dua atau tiga orang kemudian tugaskan mereka untuk menjelaskan materi antara satu dan lainnya.

Siswa yang mendengarkan sekaligus membuat catatan yang ditangkap oleh otaknya kemudian bergantian.

Langkah terakhir kumpulkan hasil pemetaan fikiran mereka untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran dan melihat daya pemahaman siswa.

Dengan pembelajaran mind mapping akan membantu meningkatkan daya kreativitas siswa, membuat otak lebih mudah menyerap juga memahami materi dengan cepat, mempertajam daya ingat siswa, melatih siswa untuk fokus.

Namun selain itu melalui model pembelajaran ini otak siswa juga akan lebih aktif bekerja, di mana daya tangkap dan pemahaman sangat menentukan dalam menghasilkan mind map yang bagus.

Setelah menyimak ulasan di atas pastinya memberikan anda berbagai ide dalam mengajar yang lebih efektif.

Perkembangan zaman tentunya akan membentuk pribadi yang berbeda dengan zaman dahulu sehingga sangat bijak dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan efektif untuk siswa.

Untuk itu agar kreativitas dan inovasi dari para siswa berkembang, maka jangan berhenti untuk mencari model pembelajaran yang tepat, salah satunya model pembelajaran mind mapping yang telah diuraikan dengan jelas di atas.

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *