Model Pembelajaran Group Investigation

Pengertian Model Pembelajaran Group Investigation dan Penerapannya

Posted on

Jika anda adalah guru, sudah pasti anda familiar dengan beberapa model pembelajaran yang mungkin sudah pernah anda terapkan. Salah satunya adalah model pembelajaran group investigation (GI).

Model Pembelajaran Group Investigation

Model pembelajaran GI adalah salah satu tipe Model pembelajaran yang kooperatif dan menekankan pada aktivitas dan partisipasi para siswa untuk mencari secara mandiri materi atau informasi yang sedang mereka pelajari dengan menggunakan bahan yang tersedia.

Misalnya, melalui internet atau buku yang tersedia. Siswa juga harus dilibatkan dari perencanaan dalam penentuan topik ataupun cara yang tepat untuk mempelajarinya dengan cara investigasi.

Model pembelajaran ini bertujuan agar siswa mempunyai kemampuan yang bagus dalam proses berkelompok atau berkomunikasi dengan orang lain.

Konsep Utama Model Pembelajaran Group Investigation

Ada tiga hal penting dalam model group investigation, yaitu enquiri atau penelitian, knowledge atau pengetahuan, dan juga the dynamic of the learning group atau dinamika kelompok.

Konsep utama model pembelajaran group investigation yang pertama, penenlitian, bertujuan agar siswa merespon masalah dan berkeinginan untuk memecahkannya.

Sedangkan konsep yang kedua, pengetahuan, merupakan pengalaman yang didapatkan siswa baik secara tidak langsung ataupun langsung.

Untuk dinamika kelompok yang merupakan konsep ketiga menunjukkan suasana kelompok yang saling bertukar informasi dan argumentasi.

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation

Penyeleksian topik merupakan langkah pertama dalam model group investigation. Untuk langkah pertama dalam model group investigation (GI) yaitu siswa diijinkan untuk memilih beberapa subtopik dari masalah umum yang digambarkan terlebih dahulu oleh guru.

Selanjutnya, siswa bisa membentuk kelompok untuk menyelesaikan tugas mereka. Satu kelompok biasanya terdiri dari 2 hingga 6 orang.

Kelompok biasanya dibuat dengan komposisi heterogen baik dari etnik, kemampuan akademik, dan juga jenis kelamin.

Langkah-langkah model pembelajaran group investigation yang kedua adalah perencanaan kerjasama.

Guru bersama para siswa bisa merencanakan macam-macam prosedur untuk mengerjakan tugas yang sesuai dengan subtopik yang telah dipilih di langkah pertama.

Langkah ketiga adalah implementasi dimana para kelompok akan melaksanakan strategi atau perencanaan mereka yang sudah dirumuskan di langkah yang kedua.

Langkah ini mendorong siswa agar menggunakan berbagai macam sumber baik yang ada di dalam atau luar sekolah. Untuk langkah ini, guru hanya memantau perkembangan setiap kelompok dan memberikan bantuan jika mereka membutuhkan.

Tahapan selanjutnya adalah analisis dan sintesis terhadap berbagai informasi yang diperoleh di langkah ketiga tadi.

Tahapan selanjutnya dalam model pembelajaran group investigation adalah penyajian hasil akhir. Untuk tahapan ini, semua kelompok diharuskan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Dan untuk langkah terakhir dalam model pembelajaran ini adalah evaluasi. Biasanya, evaluasi dilakukan oleh siswa bersama guru terhadap kontribusi dari setiap kelompok. Evaluasi bisa mencakup tiap-tiap siswa baik secara kelompok ataupun individu

Gravatar Image
Saya adalah seorang guru yang Alhamdulillah sudah tersertifikasi melalui PPG (Pendidikan Profesi Guru), Melalui situs ini saya berusaha berbagi wawasan dengan rekan guru dan segenap akademia tentang hal yang bermanfaat insyaaAllah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *