MENGULAS MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

Model pembelajaran TAI

Model pembelajaran TAI memang menjadi buah bibir para pengajar termasuk masyarakat modern belakangan ini.

Seiring perkembangan zaman memang memunculkan banyak metode pembelajaran bagi siswa sekolah.


Untuk satu ini mungkin masih asing bagi anda, tetapi jangan khawatir karena akan kami berikan ulasan lengkap untuk anda tentang metode pembelajaran TAI.

Maka dari itu tetap simak artikel ini yang akan memberikan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang model pembelajaran TAI

Menyimak ulasan sebelumnya mungkin membuat anda tambah penasaran dengan pembelajaran TAI tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran anda maka sekarang akan kami uraikan pengertiannya terlebih dahulu agar anda lebih paham.

Pembelajaran TAI (team assisted individualization) merupakan sebuah metode pembelajaran kooperatif yang menuntut para siswa untuk bisa bekerja sama dalam satu kelompok.

Tetapi uniknya dalam metode ini akan diberikan suatu pemahaman secara individu bagi siswa yang membutuhkannya bagaimana menjadi pendengar yang baik, bekerja sama dan hal lainnya yang berhubungan dengan kerja kelompok.

Melalui model pembelajaran satu ini diharapkan para siswa akan mengerti bagaimana bekerja secara kelompok sekaligus memahami materi pelajaran lebih baik.

Langkah pelaksanaan pembelajaran TAI



Setelah anda mengetahui pengertian yang jelas tenang model pembelajaran TAI, maka saatnya menyimak beberapa langkah untuk pelaksanaan pembelajaran satu ini.

Langkah pertama guru membentuk kelompok yang berisi sekitar 5 siswa yang kemudian langsung dilanjutkan pemberian pretest yang akan digunakan sebagai tolok ukur dalam mengetahui kelemahan siswa.

Jika semua tahap tersebut telah dilalui maka saatnya pemberian tugas pada kelompok tersebut. Untuk tugas pertama guru akan menciptakan sebuah situasi yang akan membuat kebersihan individu dalam kelompok di pengaruhi atas keberhasilan kelompoknya tersebut.

Ketika tugas pertama telah terlaksana maka saatnya tahap belajar kelompok. Pada tahap ini guru akan memberikan bantuan secara individual bagi siswa yang membutuhkannya sehingga tidak akan membebani kelompoknya.

Tahap selanjutnya guru akan memberikan skor atau penghargaan pada kelompok yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik serta kelompok yang kurang berhasil untuk menyelesaikan tugasnya.

Dengan penghargaan tersebut bertujuan memberikan motivasi bagi para siswanya untuk bekerja lebih baik.

Tahap terakhir maka saatnya guru menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan atau memberikan penjelasan secara umum dari materi yang telah di bahas tiap kelompok tadi.

Dengan penjelasan akhir dari guru dimaksudkan memberikan siswa pemahaman yang lebih dalam sehingga tidak keliru nantinya.

Berbagai uraian di atas pastinya akan memberikan anda banyak pengetahuan mengenai model pembelajaran yang berkembang saat ini.

Hal terpenting dalam pelaksanaan model pembelajaran TAI yaitu pembebasan berekspresi siswa dan bimbingan guru pada siswa yang belum paham sehingga kerja kelompok akan lebih mudah tanpa membebani siswa dalam kelompok tersebut.

MENGULAS MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment