UNIKNYA MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Model pembelajaran role playing

Model pembelajaran role playing mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat dewasa ini. Seiring berkembangnya zaman memang semakin banyak jenis pembelajaran yang ada, di mana hal tersebut tentunya disesuaikan dengan generasi modern agar kegiatan belajar lebih menarik dan efektif.


Nah bagi anda yang mungkin penasaran dengan model pembelajaran satu ini maka bisa menjawab rasa penasaran anda dengan menyimak artikel hingga selesai, karena akan kami uraikan dengan lengkap model pembelajaran tersebut di bawah ini.

Sekilas pengertian pembelajaran role playing

Mungkin rasa penasaran anda sekarang semakin tinggi dengan salah satu model pembalajaran satu ini.

Untuk itu tidak perlu menunggu lama akan kami berikan uraian tentang pembelajaran role playing untuk anda.

Pembelajaran role playing merupakan sebuah pembelajaran di mana siswa diharapkan dapat menguasai materi pelajaran dengan mengembangkan segala imajinasi dan penghayatan yang dimiliki.

Penghayatan tersebut dilakukan siswa dengan memerankan tokoh hidup atau mati yang dilakukan oleh banyak orang.

Dalam pembelajaran ini juga terdapat peraturan juga tujuan yang mana tetap melibatkan unsur kesenangan menurut salah satu tokoh.

Tahap pelaksanaan pembelajaran role playing

Setelah anda mengetahui dengan jelas pengertian dari model pembelajaran role playing maka sekarang saatnya anda mengupas langkah pelaksanaannya.


Untuk melaksanakan role playing tahap pertama mengharuskan guru menyiapkan skenario dari cerita yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota sekitar 5 orang, sebelumnya tunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dari materi yang akan ditampilkan saat pemberian materi tersebut.

Menguraikan kompetensi yang akan dicapai sebelum memulai pembelajarannya.

Saat itu sebaiknya semua siswa mendengarkan dengan baik agar kompetensi yang ingin dicapai dapat terwujud setelah proses pembelajaran selesai.

Tahap selanjutnya menyuruh semua siswa duduk dengan anggota kelompoknya kemudian siswa yang telah ditunjuk memperagakan skenario yang telah dipelajari.

Jika semua sudah terlewati dan semua kelompok telah memperagakan maka saatnya lembar kerja dibagikan.

Pada tahap ini semua siswa diharuskan mendiskusikan semua penampilan termasuk nilai dan kesimpulan atas penampilan tersebut.

Tahap akhir maka guru memberikan kesimpulan secara umum sekaligus menutup proses belajar di mana dalam evaluasi guru menguji kesimpulan setiap kelompok atas apa yang didapatnya.

Pemberian nilai dan membenarkan kesimpulan dari siswa akan memberikan pemahaman yang lebih baik serta menghindari kekeliruan dalam pemahaman.

Melihat berbagai uraian di atas pastinya anda akan paham dengan pembelajaran satu ini.

Melalui pembelajaran ini akan membuat siswa lebih kuat ingatannya mengenai materi tersebut di samping tetap menyenangkan bagi siswa.

Namun tidak semua pembelajaran sempurna karena model role playing juga masih memiliki kekurangan.

Terlepas dari hal tersebut menggunakan model pembelajaran role playing akan sangat mengesankan dan menyenangkan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran.

UNIKNYA MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment