MUDAHNYA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Model pembelajaran mind mapping

Model pembelajaran mind mapping belakangan ini menjadi buah bibir masyarakat tidak hanya para pengajar.

Memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang baik tentunya menjadi harapan setiap pengajar maupun instansi sekolah.


Namun seiring perkembangan zaman makin banyak jenis pembelajaran yang diperkenalkan.

Nah mungkin anda pernah mendengar tentang mind mapping tersebut, namun belum terlalu paham maka sekarang akan kami uraikan secara detail untuk anda yang mungkin bisa dijadikan referensi pembelajaran yang baru.

Pengertian pembelajaran mind mapping

Mind mapping sendiri merupakan sebuah teknik yang telah diperkenalkan sejak tahun 70-an.

Mind mapping sendiri adalah sebuah teknik dalam mencatat yang menuntut kreativitas sehingga catatan tersebut lebih efektif melalui pemetaan fikiran yang ada.

Untuk pembelajaran mind mapping akan membuat siswa untuk kreatif dan berinovasi dalam memetakan materi sesuai dengan fikiran mereka sehingga otak akan lebih mudah memahaminya.

Pembelajaran dengan metode ini cukuplah efektif dan memudahkan siswa untuk memahami materi.

Langkah menerapkan pembelajaran mind mapping



Setelah anda menyimak pengertian yang diuraikan di atas pastinya anda akan kagum dengan jenis pembelajaran satu ini.

Untuk itu agar anda tidak terlalu penasaran maka kami juga akan menjelaskan langkah dalam melakukan model pebelajaran mind mapping berikut ini.

Langkah pertama seorang guru akan menyampaikan berbagai kompetensi yang akan dicapai dari materi tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan materi yang bersangkutan dengan jelas pada siswanya.

Agar lebih efektif maka buat kelompok berisi dua orang kemudian tugaskan mereka untuk menjelaskan materi antara satu dan lainnya.

Siswa yang mendengarkan sekaligus membuat catatan yang ditangkap oleh otaknya kemudian bergantian.

Langkah terakhir kumpulkan hasil pemetaan fikiran mereka untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran dan melihat daya pemahaman siswa.

Melihat betapa mudahnya dalam menerapkan metode mind mapping, akan kami ulaskan juga manfaat dari model pembelajaran satu ini.

Dengan pembelajaran mind mapping akan membantu meningkatkan daya kreativitas siswa, membuat otak lebih mudah menyerap juga memahami materi dengan cepat, mempertajam daya ingat siswa, melatih siswa untuk fokus.

Namun selain itu melalui model pembelajaran ini otak siswa juga akan lebih aktif bekerja, di mana daya tangkap dan pemahaman sangat menentukan dalam menghasilkan mind map yang bagus.

Setelah menyimak ulasan di atas pastinya memberikan anda berbagai ide dalam mengajar yang lebih efektif.

Perkembangan zaman tentunya akan membentuk pribadi yang berbeda dengan zaman dahulu sehingga sangat bijak dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan efektif untuk siswa.

Untuk itu agar kreativitas dan inovasi dari para siswa berkembang, maka jangan berhenti untuk mencari model pembelajaran yang tepat, salah satunya model pembelajaran mind mapping yang telah diuraikan dengan jelas di atas.

MUDAHNYA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment