MENGUPAS DAHSYATNYA MODEL PEMBELAJARAN TGT

Model pembelajaran TGT

Model pembelajaran TGT memang sedang menjadi buah bibir masyarakat modern saat ini. Namun sebenarnya masih banyak yang belum memahami dengan jelas akan salah satu model pembelajaran yang sudah banyak di terapkan di sekolah-sekolah.

Makin pesatnya perkembangan zaman tentu model pembelajaran perlu adanya pembaharuan agar bisa sesuai dengan kehidupan masa kini.


Nah bagi anda yang penasaran dengan jenis pembelajaran tgt ini maka uraian lengkapnya di bawah ini.

Sekilas pengertian pembelajaran TGT

Menyimak sedikit ulasan di atas mungkin memberikan anda pengetahuan sekaligus membuat penasaran dengan salah satu model pembelajaran yang sedang berkembang saat ini.

Untuk menjawab rasa penasaran anda tersebut maka langsung saja anda ikuti uraian penjelasannya berikut ini.

Model pembelajaran TGT (teams games tournament) merupakan salah satu jenis atau tipe untuk model pembelajaran yang kooperatif di mana sangat mudah untuk diterapkan.

Model pembelajaran satu ini akan melibatkan segala aktivitas siswa di kelas atau sekolah tanpa adanya pembeda status antara yang satu atau lainnya serta membuat siswa berperan menjadi tutor untuk temannya atau tutor sebaya.

Tahapan pelaksanaan pembelajaran Teams Games Tournament




Setelah melihat pengertian jelasnya tentang model pembelajaran tgt tersebut mungkin memberikan anda ide baru untuk mengajar. Untuk itu agar informasi yang diberikan lebih lengkap akan kami ulaskan juga bagaimana tahapan yang dibutuhkan untuk menerapkan model pembelajaran satu ini. Tahap utama anda membutuhkan penyajian kelas, pada tahap ini guru akan memberikan penjelasan tentang suatu materai dan LKS secara langsung. Dalam tahap ini para siswa harus benar-bena memperhatikan karena pemahaman yang baik akan membantu pada tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya guru diharuskan membagi kelompok kecil dalam kelas, pembagian bisa berdasarkan jenis kelamin, prestasi atau lainnya. Dalam kelompok ini siswa akan menyelesaikan lembar jawaban secara berkelompok melalui diskusi jawaban hingga jalan keluar.

Untuk tahap pelaksanaan tgt selanjutnya yaitu games di mana peserta didik akan memberikan wakil kelompok untuk maju dalam turnamen.

Pada games ini akan diajukan pertanyaan berdasarkan nomor yang dipilih kemudian perwakilan tersebut akan mencoba untuk menjawabnya.

Tahap turnamen akan memberikan hasil dari penyajian kelas dan belajar kelompok yang kemudian akan mengelompokkannya berdasarkan peringkat yang mereka raih.

Pada tahap akhir guru akan memberikan penghargaan pada siswa dengan sebutan super team untuk skor rata-ratanya 50 ke atas, great team jika skornya 50 hingga 40 dan good team jika skor 40 ke bawah. Penghargaan ini akan menjadi apresiasi pada yang mereka lakukan sekaligus memotivasinya.

Setelah menyimak berbagai uraiannya tentu sekarang anda akan lebih paham dengan salah satu model pembelajaran yang sangat inovatif ini.

Melalui pembelajaran ini diharapkan memberikan kemudahan dalam menerima materi bagi siswa sekaligus mengajarkan untuk bekerja sama dengan pelaksanaan model pembelajaran tgt ini.

MENGUPAS DAHSYATNYA MODEL PEMBELAJARAN TGT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment