MEMAHAMI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MUDAH

Manajemen Berbasis Sekolah

Manajemen berbasis sekolah (MBS) mungkin masih menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang.

Zaman yang makin berkembang ini memang semakin banyak hal yang diperbaharui dan muncul dalam model atau metode pembelajaran serta pengaturan sebuah instansi khususnya sekolah.


Nah bagi anda yang masih merasa kebingungan dengan metode manajemen baru yang sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah tidak perlu khawatir,

karena melalui artikel ini akan kami berikan ulasan lengkap dan detail khusus untuk anda. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian tentang MBS (manajemen berbasis sekolah)

Manajemen sebenarnya memiliki jenis yang sangat banyak, namun kami akan menguraikan salah satu jenis manajemen sekolah yang mulai banyak diterapkan di sekolah-sekolah.

Manajemen berbasis sekolah sendiri merupakan sebuah model untuk pengelolaan sekolah yang dengan total memberikan otonomi atau wewenang yang lebih besar untuk sekolah sendiri.

Wewenang tersebut diberikan kepada seluruh warga sekolah termasuk kepala sekolah, wali siswa juga tokoh-tokoh masyarakat yang bersangkutan sebagai langkah dalam meningkatkan mutu sekolah yang didasarkan pada kebijakan yang diberlakukan oleh pendidikan nasional dan juga perundang-undangan yang bersangkutan.

Tujuan manajemen berbasis sekolah

Menyimak ulasan di atas tentunya membuat anda semakin penasaran dengan manajemen berbasis sekolah tersebut.


Untuk itu sekarang kami uraian tujuan utama dari model pengaturan sekolah yaitu, untuk meningkatkan kinerja sekolah agar lebih baik melalui pemberian kewenangan yang besar tersebut.

Agar sekolah dapat dengan maksimal mengurus sekolahnya dengan baik namun tetap pada aturan dan kebijakan pendidikan nasional.

Membantu sekolah meningkatkan kinerjanya yang mana meliputi kualitas, efisiensi, produktivitas, efektivitas juga inovasi untuk pendidikan sekolah tersebut.

Langkah pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS)

Setelah anda mengetahui dengan baik pengertian dan tujuan manajemen berbasis sekolah tersebut, maka sekarang akan kami berikan langkah pelaksanaanya secara lengkap berikut ini.

Pertama, melakukan penyempurnaan untuk peraturan, kebijakan serta ketentuan dalam bidang pendidikan daerah agar sekolah tidak hanya sebagai subordinasi birokrasi sehingga sekolah sifatnya marginal untuk dirubah menjadi unit utama.

Langkah selanjutnya menuntut seluruh warga sekolah agar dapat berperilaku sesuai MBS yang diresmikan agar bisa tercapai tujuannya.

Sekolah harus memiliki motivasi diri yang tinggi sehingga keputusan tidak lagi berdasarkan keinginan birokrat sekolah.

Terakhir hubungan dengan berbagai kalangan termasuk Dinas Pendidikan kabupaten hingga provinsi atas dasar otonomi. Dengan beberapa langkah tersebut maka manajemen akan bisa dilaksanakan.

Menyimak berbagai uraian di atas pastinya membuat anda sadar jika kebijakan sekolah harusnya mandiri tidak tergantung dengan birokrat atas.

Dengan manajemen ini diharapkan menghasilkan sekolah dengan kinerja yang baik serta mandiri agar warga sekolah lebih kreatif, inovatif untuk meningkatkan mutu sekolah. Untuk itu jangan tunda lagi untuk menerapkan manajemen berbasis sekolah ini untuk hasil sekolah yang lebih baik.

MEMAHAMI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MUDAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment