BERBAGAI KATA KATA MUTIARA UNTUK GURU PILIHAN

Kata kata mutiara untuk guru

Kata kata mutiara untuk guru ada banyak sekali dalam bahasa mana pun termasuk juga dalam bahasa Indonesia.

Hal itu sesuai dengan posisi dan kedudukan guru sendiri sebagai sosok yang mulia dan memberikan banyak manfaat bagi manusia.


Tanpa guru maka akan makin sedikit manusia yang berpendidikan. Dalam jangka panjang kebodohan akan menguasai dunia dan tentu saja hal itu akan menimbulkan banyak kekacauan.

Negara sekalipun tak mungkin bisa berjalan jika tidak dipegang oleh orang-orang yang berpendidikan.

Maka akan sangat penting untuk merenungkan berbagai pesan dalam bentuk kata-kata yang indah sebagaimana di bawah ini.

Kata-kata Mutiara tentang Peran Guru

Peranan guru sangat penting adanya dalam dunia pendidikan khususnya. Di indonesia ada satu kata mutiara tentang peran guru yang abadi yang berbunyi “guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”.

Kata mutiara yang satu ini mengandung makna bahwa guru tak pernah mengharapkan imbalan berupa harta. Dia ikhlas dan tulus memberikan pengajaran dan mencerdaskan anak didiknya tanpa mengharapkan timbal balik.

Hal itu menandakan kemuliaan peranan seorang guru yang tak bisa dibandingkan dengan profesi yang lain mana pun.

Kemudian, masih tentang peranan guru, ada juga kata mutiara yang mengatakan bahwa “guru adalah pengganti ortu di sekolah”.


Peribahasa ini mengibaratkan guru dengan orang tua. Maka peranan guru dengan demikian adalah mengayomi anak didiknya.

Berdasarkan kata kata mutiara untuk guru semacam ini maka tampak bahwa sebenarnya tugas guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik.

Kedua aspek itu merupakan aspek yang juga merupakan peranan orang tua. Selain memberikan ilmu juga memberikan bimbingan prilaku yang baik dan benar.

Kata-kata Mutiara Pegangan Guru

Ada satu kata mutiara yang menarik yang bisa dijadikan pegangan guru yaitu kata mutiara “sampaikan semua ilmu tanpa menyembunyikan barang sekata”.

Artinya, seorang guru harus mengajarkan semua yang dia ketahui supaya kemudian si murid bisa menjadi lebih pintar dari dia.

Kesuksesan seorang guru dalam mendidik muridnya adalah ketika dia menemukan bahwa si murid kelak menjadi orang yang lebih cerdas daripada dirinya dan juga lebih sukses dalam berbagai bidang.

Hal itu akan membuat guru merasa bangga juga karena dialah yang meletakkan pondasi untuk kesuksesan tersebut.

Kemudian kata kata mutiara untuk guru yang lain yang juga bisa dijadikan pegangan adalah kata mutiara “guru adalah samudera yang sabar tanpa tapal batas”.

Dari kata mutiara ini tampak bahwa seorang guru tak boleh marah-marah dan jengkel ketika muridnya misalnya ada yang sangat sukar menerima pelajaran.

Apa yang harus guru lakukan kemudian adalah mengusahakan dengan penuh kesabaran supaya si murid bisa menyusul kawan-kawannya yang lain

BERBAGAI KATA KATA MUTIARA UNTUK GURU PILIHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment