TIPS BELAJAR EFEKTIF YANG DAPAT DILAKUKAN DENGAN MUDAH

Tips Belajar efektif  - Dalam sebuah kelas terdapat sekitar 35 Siswa, dimana ada siswa yang berprestasi, ada siswa yang biasa saja dan ada siswa yang tidak pandai, tahukah anda apa yang membedakan pencapaian hasil belajar mereka?



Padahal dalam satu kelas tersebut tentu saja diajar oleh guru yang sama, fasilitas yang sama lalu mengapa dari siswa dalam kelas tersebut terdapat perbedaan dalam hal peraihan prestasi?

Jawabannya adalah karena setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, bagi siswa yang berprestasi mereka kecenderungan memiliki kebiasaan belajar yang efektif, apa sajakah tips belajar efektif yang dapat mengantar kita pada kesuksesan belajar?

Berikut ini akan diulas secara detail, selengkapnya anda simaklah berikut ini:

Cara Belajar Efektif yang biasa dilakukan Siswa Berprestasi


Tips belajar efektif menuju sukses

Awali Belajar dengan niat yang sungguh-sungguh
Kebiasaan dari para siswa yang berprestasi adalah selalu belajar dengan niat yang sungguh-sungguh dan memiliki keyakinan yang penuh bahwa dia dapat meraih kesuksesan jika ia belajar dengan baik.

Jadi bagi anda yang saat ini melakukan aktivitas belajar berdasarkan pada mood atau suasana hati saja, maka rubahlah kebiasaan tersebut, kuatkanlah niat anda untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan yakinkan diri anda bahwa anda akan berhasil mencapai kesuksesan dengan usaha keras anda dalam belajar tersebut.

Memilih tempat belajar yang menurut anda nyaman untuk belajar
Rasa nyaman dalam belajar sangat mempengaruhi kesuksesan belajar, salah satu sumber dari rasa nyaman adalah “tempat”,

maka dari itu anda dapat mencari suatu tempat yang menurut anda memberikan kenyamanan dalam belajar dan ketenangan dalam berpikir sehingga anda akan lebih mudah dalam memahami suatu materi belajar yang sedang anda ingin kuasai.

Lakukanlah diskusi yang relevan dengan materi belajar bersama teman saat belajar
Salah satu cara yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah diskusi,

cobalah anda mengajak teman-taman anda terkait dengan materi yang anda ingin kuasai saat belajar.

Hal ini akan memberi pengaruh yang positif yaitu terjadinya pertukaran ide gagasan antar teman yang akan semakin menguatkan penguasaan materi ajar.



Pernahkah anda diperingatkan seperti ini “ Anak-anak kalian harus belajar dengan keras karena besok kalian ujian"  pada dasarnya kalimat perintah tersebut adalah hal yang salah mengapa? Karena seharusnya saat-saat menjelang ujian lebih efektif digunakan untuk mengistirahatkan otak sejenak, lalu kapan kita belajar?

Belajarlah dengan sungguh sungguh pada hari-hari biasa, jika kalian pagi sampai siang belajar disekolah maka pada malam hari sempatkanlah kalian belajar dirumah kurang lebih 45 menit,

baca dan pahamilah materi ajar yang telah dipelajari anda saat anda dikelas pada hari itu (pagi sampai siang), dan alangkah lebih optimalnya jika anda belajar lagi pada pagi hari saat shubuh dengan membaca materi baru yang akan anda pelajari disekolah

Dalam belajar Janganlah anda hanya menghafalkan
Hal yang paling sering dilakukan siswa adalah menghafalkan setiap materi,

 namun tahukah anda pada dasarnya jikan anda hanya menghafalkan materi saja tanpa memahami materi dengan baik maka sama halnya anda melakukan sesuatu hal yang sia-sia,

memang benar untuk jangka pendek anda mungkin saja akan mendapat nilai yang bagus saat ulangan,

namun hafalan anda yang tanpa diimbangi pemahaman terhadap materi maka hafaln tersebut tidak akan berlangsung lama karena sebenarnya jika anda hanya belajar dengan cara menghafal anda hanya seperti burung beo yang bisa menirukan pengucapan majikannya namun tidak paham makna yang diucapkan.

Jadi belajar yang terbaik adalah dengan memahami konsep-konsepnya, tanamkan dalam otak anda pertanyaan seperti bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi terjadi,

mengapa hal tersebut terjadi, apa selanjutnya yang akan terjadi, dengan menerapkan belajar yang benar maka anda akan alangkah indahnya Ilmu Pengetahuan

Hindarkan diri anda dari rasa malu untuk bertanya
Bagi sebagian siswa bertanya saat ada materi yang belum dapat pahami adalah hal yang mudah,

namun bagi sebagian siswa ada yang sangat sulit untuk bertanya kepada guru saat ada materi yang belum dipahami, dan mereka memilih diam padahal mereka belum paham apa yang diajarkan guru.

Mulai sekarang jika anda menginginkan kesuksesan pada diri anda janganlaha anda merasa malu untuk bertanya saat ada materi yang belum anda pahami dengan baik, buanglah rasa malu, gengsi dan sebaginya dalam pikiran anda, mulailah berpikir kalau anda saat ini sedang belajar dan sangatlah wajar jika dalam belajar anda belum paham dan bertanya

Buanglah kata menyerah dalam pikiran anda dan tanamkanlah rasa ingin berhasil
Kegagalan adalah suatu hal yang sangat dekat dengan manusia, namun bukan berarti setiap orang yang gagal tidak akan pernah sukses, justru segala kesuksesan berawal dari kegagalan,

satu kalimat yang terpenting dan patut anda tanamkan dalam pikiran anda janganlah menyerah saat anda menemui kegagalan tapi berusahalah lebih keras lagi agar anda mengalahkan kegagalan tersebut dan jangan pernah berhenti berusaha sebelum anda sukses.

Saat anda menjumpai materi belajar yang terasa sulit maka anda harus lebih keras lagi untuk memahaminya, janganlah menyerah sebelum anda berhasil menguasainya.

Ingatlah siapa yang berusaha dengan keras pasti akan meraih keberhasilan

Berdoalah Kepada Allah SWT agar langkah kita diridhoiNYA
Setelah berbagai macam usaha telah kita lakukan dengan sepenuh hati maka tinggalah kita serahkan semua kepada Allah SWT yang memiliki Sifat Wajib Maha berkehendak.

Berdoalah agar kita selalu mendapat keberhasilan dalam mengapai kesuksesan yang kita idamkan,

ingatlah kecerdasan seseorang  pada dasarnya berasal 73% dari kesungguhan do'anya, dan 27% berasal dari belajar. Jadi do’a dan usaha harus selalu bergandengan, jangan pernah memisahkannya.

Simak juga artikel pendidikan lainnya tentang cara meningkatkan keerdasan anak

Demikianlah sejumlah Tips Belajar efektif yang sering dilakukan oleh para juara kelas, jika anda ingin membanggakan orang tua anda dengan prestasi anda,

segeralah ubah kebiasaan belajar anda yang kurang efektif dan segeralah untuk berupaya keras melakukan cara belajar efektif yang telah di jelaskan dalam artikel situs www.infoduniapendidikan.com di atas.

Semoga artikel pendidikan dengan judul Tips Belajar efektif yang dapat dilakukan dengan mudah ini dapat memberi anda inspirasi dalam mencapai kesuksesan yang anda idamkan.

0 komentar:

Post a Comment