INILAH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK PELAJAR

Nilai-nilai pendidikan karakter

Implementasi pendidikan karakter - Dalam artikel pendidikan pada situs info dunia pendidikan ini, akan dijelaskan tentang bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pelajar, namun sebelum membahas implementasinya terlebih dahulu sebaiknya anda mengetahui makna dari pendidikan karakter itu sendiri agar anda semakin mudah dalam memahami artikel ini


Pendidikan karakter  menurut Kementerian Pendidikan Nasional memiliki 18 butir nilai yang harus ditanamkan pada pelajar yang sejatinya akan menjadi penerus bangsa ini.

Apa sajakah ke 18 nilai tersebut?  Adapun kedelapan belas nilai yang harus ditanamkan pada setiap pelajar meliputi nilai keagamaan, nilai kejujuran,kedisiplinan, toleransi,  mandiri, bekerja keras, kreatif, demokratis,kritis, komunikatif,  peduli pada lingkungan alam, tanggung jawab, peduli pada lingkungan sosial, cinta terhadap tanah air, cinta damai, berprestasi dan menghargai prestasi serta memiliki rasa kebangsaan yang tinggi.

Cara menerapkan nilai pendidikan karakter pada siswa

Setelah diketahui 18 nilai dalam pendidikan karakter maka selanjutnya adalah bagaimana cara yang dapat digunakan untuk dapat mengembangkan nilai-nilai tersebut pada pelajar,

berdasarkan arahan dari kementrian pendidikan nasional mata pelajaran merupakan suatu cara efektif yang dapat dipergunakan untuk malakukan pengembangan nilai-nilai tersebut pada diri individu setiap pelajar.

Mata Pelajaran adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan nilai-nilai pribadi anak.

Jadi bagi setiap pendidik dihimbau untuk melakukan pengembangan nilai pendidikan karakter melalui setiap mata pelajaran yang diajarkannya.

Dalam melakukan implementasi pendidikan karakter pada pelajar, maka terdapat faktor pendudkung yang perlu diperhatikan setiap pendidik, apa sajakah faktor tersebut?


Faktor pendukung tersebut tidak lain adalah isi dari kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, perancangan dan penyampaian mata pelajaran, pengelolaan sekolah, dan kegiatan di extra kurikuler

Adapun contoh dari Implementasi pendidikan karakter pada pelajar pada setiap nilainya antara lain :  nilai ketuhanan, diimplementasikan dengan mengarahkan pelajar untuk mempelajari nilai dan aturan agama yang anutnya.

Nilai kejujuran diimplementasikan dengan melakukan tindakan maupun perkataan yang tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Bertanggung jawab diimplementasikan dengan  menyelesaikan hal yang telah dimulai tanpa lepas tangan sampai dengan hal yang dilakukan selesai.

Simak Juga Artikel pendidikan tentang pendidikan anti korupsi

Nilai disiplin diimplementasikan dengan Tepat waktu dan menepati aturan yang telah disepakati secara bersama,

Nilai bekerja keras diimplementasikan dengan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan guru, nilai demokratis diimplementasikan dengan anak tersebut dapat membedakan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain dan sebagainya,

cobalah anda sebagai guru untuk berinovatif dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada siswa-siswi kebanggaan anda.

Demikianlah penjelajasan singkat terkait topik pendidikan mengenai implementasi pendidikan karakter untuk pelajar.

Semoga penjelasan yang singkat ini memberikan anda gairah dalam berinovasi dalam berusaha melkukan implementasi pendidikan karakter untuk pelajar dalam menjalankan tugas anda sebagai guru atau dosen.

0 komentar:

Post a Comment