MENGHAYATI 4 KOMPETENSI GURU PROFESIONAL DENGAN SADAR

Menghayati 4 Kompetensi Guru Profesional dengan Sadar

4 Kompetensi Guru Profesional  -  Dalam Dunia Pendidikan kita akan mengenal sosok yang sangat berjasa dalam peningkatan kualitas pendidikan dan menjadi kunci keberhasilan pembangunan bangsa, Siapakah sosok tersebut?


Tidak lain dan tidak bisa dipungkiri sosok yang tepat adalah “guru”. Guru dengan segala petuah, ilmu, dan kasih sayangnya memberikan pendidikan untuk para generasi bangsa.

Generasi penerus bangsa inilah yang kelak menjadi tonggak kemakmuran dan kejayaan bangsa, sehingga sudah semestinya para generasi bangsa ini didik dan dicerdaskan.

Dalam rangka menerdaskan bangsa sudah banyak usaha yang dilakukan pemerintah, diantara salah satu langkah pemerintah adalah dengan membekali dan selalu mengasah kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap guru profesional.

Dengan menyadari betapa pentingnya peran guru maka diharapkan setiap guru di indonesia selalu berusaha untuk mengasah kompetensi yang menjadi sebuah hal yang menjadi pusaka baginya dalam mengemban tugasnya

Kompetensi guru prosfesional wajib dimiliki dan disadari oleh setiap orang yang berprofesi sebagai guru, mengapa karena kompetensi tersebut menjadi kunci penting dalam kesuksesannya dalam bertugas menjalankan amanat negara untuk mencerdaskan bangsa.

Apakah pengertian kompetensi yang dimaksud disini? Kompetensi dalam hal ini dimaknai sebagai seperangkat ilmu yang sewajarnya dimiliki guru serta ketrampilan guru dalam mengajar ketika menjalankan tugas profesionalnya sehingga apa yang menjadi tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan sukses.

Standar Kompetensi yang terdapat pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) terkait standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, mensyaratkan kepada setiap guru profesional untuk wajib mempunyai 4 kompetensi guru profesional.


Apa saja keempat kompetensi guru tersebut? Keempat kompetensi itu yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan yang terakhir kompetensi sosial.

Adapun penjelasan dari keempat dari kompetensi guru profesional yang telah disebutkan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Kompetensi Pedagogik, Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi guru yang mencakup kemampuan guru dalam berusaha memahami para siswanya, serta kemampuan dalam melakukan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan evaluasi hasil belajar, dan kemampuan dalam pengembangan siswa-siswinya agar dapat melakukan aktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya.
  2.  Kompetensi Profesional, Kompetensi profesional merupakan suatu kompetensi guru yang terkait pada penguasaan materi pembelajaran yang luas dan dalam, yang meliputi penguasaan materi kurikulum mapel dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta kemampuan dalam penguasaan stuktur dan metodologi keilmuannya.
  3. Kompetensi Kepribadian, Kompetensi kepribadian meripakan kompetensi yang semestinya dimiliki guru yang terkait dengan individu seorang guru yang mencerminkan sebuah kepribadian yang baik, mampu bersikap bijaksana berwibawah dan arif,dapat bersikap dewasa dan memiliki tingkah laku atau akhlak mulia sehingga dapat dijadikan contoh atau teladan yang baik bagi siswanya.
  4. Kompetensi Sosial, Kompetensi sosial yang terkait dengan kemampuan dalam berkomunikasi dengan para siswa maupun semua tenaga kependidikan dan orang tua atau wali siswa serta masyarakat dilingkungan sekitar.
Simak Juga artikel pendidikan tentang Kode Etik seorang guru yang sesungguhnya

Demikianlah penjelasan dari penulis  dalam situs info dunia pendidikan terkait 4 kompetensi guru profesional yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap guru profesional untuk memilikinya dan selalu mengasah dan mengembangkannya,

Semoga dengan membaca artikel pendidikan ini anda yang ingin berprofesi sebagai guru atau anda yang saat ini adalah seorang guru dapat mendapatkan wawasan terkait 4 kompetensi guru profesional dan dapat menguasai kempat kompetensi tersebut dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment