MENGENALKAN ANAK DENGAN 20 SIFAT WAJIB DAN MUSTAHIL ALLAH

Sifat Wajib dan Mustahil Allah SWT menjadi sebuah hal yang wajib diketahui dan dipahami oleh semua muslim dan muslimat.



Dengan memahami sifat wajib bagi Allah maupun sifat mustahil bagi Allah SWT maka diri setiap mulim akan terasa lebih mengenal Allah.

Apakah anda ingin mengenal dan dekat dengan Allah SWT? Tentunya bagi muslim yang beriman itu adalah suatu hal yang diidamkan, karena jika kita sudah dekat dengan Allah maka hati akan terasa tentram dan segala permasalahan hidup akan terselesaikan dengan ridho-Nya

Waktu yang tepat untuk mengenal sifat wajib dan mustahil Allah adalah sedini mungkin, mengapa karena jika kita semakin cepat mengenal Allah maka kitapun akan selalu lindungannya, kita akan terjaga dari kemaksiatan dan akan diberi kemudahan dalam setiap kebaikan.

Oleh karena itu akan lebih baik mengenalkan anak dengan sifat wajib dan mustahil bagi Allah agar anak kita selalu berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah, tuhan yang maha pengasih.

Anda sebagai orang tua tentu menginginkan anak anda menjadi anak sholeh dan sholekha kan? Oleh karena itu kenalkanlah anak anda dengan sifat wajib dan mustahil Allah yang jumlahnya masing-masing ada 20.

Bagi anda yang saat ini masih belum mengenal sifat tersebut maka diartikel ini akan disajikan 20 sifat wajib dan mustahil bagi allah, selengkapnya silahkan simak berikut ini :

20 sifat wajib dan mustahil Allah

Berdasarkan tabel di atas maka anda dapat melihat dengan jelah jumlah sifat wajib dan sifat mustahil allah yang ada 20, pada sisi kiri adalah 20 sifat wajib bagi Allah dan pada sisi kanan adalah 20 sifat mustahi bagi Allah.


Sifat wajib bagi Allah ini bermakna bahwa ke 20 sifat tersebut sudah pasti ada dan hanya Allah SWT yang memilikinya, sedangkan sifat mustahil bagi Allah bermakna bahwa ke 20 sifat tersebut tidak mungkin dimiliki Allah SWT.

Adapun makna dari masing-masing sifat wajib dan mustahi bagi Allah adalah sebagai berikut :

1. Wujud.
Sifat wujud bermakna bahwa Allah SWT itu ada. Sifat mustahil Allah yang merupakan kebalikan dari Wujud adalah Adam yang bermakna tidak ada. Jadi kesimpulannya adalah bahwa Allah SWT itu ada dan mustahil Allah itu tidak ada.

2. Qidam.
Qidam bermakna terdahulu dan sifat mustahilnya yaitu haduts yang artinya baru. Dengan demikian Sifat ini menjelaskan sesungguhnya Allah itu tidak memiliki awal mulanya dan mustahil bahwa  terdapat pendahulu selain dari Allah.

3. Baqa’
Baqa’ memiliki makna kekal, hal ini menjelaskan bahwa Allah SWT satu-satu yang abadi, JadiMustahil Allah itu memiliki sifat fana’  yang maknanya binasa.

4. Mukhalafah lihawaditsi
sifat ini berarti bahwa Allah itu “ tidak baru”. Sedangkan Sifat mustahilnya yaitu munatsalah lihawaditsi yang berarti baru.  Dengan demikian sifat ini menjelaskan pada kita bahwa Allah tidak memiliki sifat baru yang bisa dihancurkan seperti halnya baru.

5. Qiyamuhu binafsihi
Qiyamu binafsihi bermakna berdiri dengan sendiri, sedangkan sifat mustahilnya ihtiyaj illa mahal wa mukhashshash yang bermakna  butuh bantuan.

6. Wahdaniyah
Wahdaniyah menunjukan bahwa Allah itu bersifat esa atau satu, jadi tidak ada tuhan selain Allah SWT. Sifat mustahil nya ta’addud yang bermakna “berbilang atau lebih dari satu”

7. Qudrat
Qudrat menunjukan bahwa Allah memiliki sifat “kuasa”, jadi Allah SWT itu maha berkuasa untuk melakukan segala hal, sedangkan mustahilnya adalah adzun yang artinya lemah.

8. Iradat
Allah itu memiliki sifat iradat yang bermakna “berkehendak”  dan mustahil Allah itu karahah yang berarti terpaksa.

9. ‘ilimu
Allah itu Memiliki sifat ilmu yang bermakna “mengetahui “ sehingga mustahil jika Allah jahil atau bodoh.

10. Hayat
Allah itu Hayat yang bermakna bahwa Allah itu hidup dan mustahil jika Allah itu maut yang berarti mati.

11. Sama’
Sama bermakna bahwa Allah SWT itu bersifat “mendengar”, dan mustahil jika Allah itu As-shamam atau tuli.

12. Bashar
Allah itu bersifat bashar yang bermakna “melihat” dan mustahil jika Allah bersifat ‘ama yang berarti buta.

13. Kalam
Allah memiliki sifat kalam yang artinya “berkata-kata”  dan mustahil jika Allah bakam atau bisu. Allah selalu berbicara berkata-kata dan mustahil jika allah bisu.

14. Qodiron sifat Mutahilbya adalah ‘Ajizan
15. Muridan sifat Mutahilbya adalah Karihan
16. ‘Aliman sifat Mutahilbya adalah Jahilan
17. Hayyan sifat Mutahilbya adalah mayyitan
18. Sami'an sifat Mutahilbya adalah Ashomma
19. Bashiron sifat Mutahilbya adalah A’maa
20. Mutakaliman sifat Mutahilbya adalah Abkama

Demikianlah artikel yang dapat disajikan dalam situs infoduniapendidikan.com saat ini terkait 20 sifat wajib dan 20 sifat mustahil bagi Allah SWT. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda dalam mengenal 20 sifat wajib dan mustahil bagi Allah SWT serta semoga anda dapat mengajarkan keluarga anda.

0 komentar:

Post a Comment