PENGERTIAN DAN LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Model Pembelajaran Picture and Picture  - Dunia pendidikan sekarang ini sudah semakin maju, hal ini tidak luput dari peran dari guru atau pendidik yang telah berjuang mencerdaskan bangsa.



Salah satu peran dari pahlawan tanpa tanda jasa ini adalah mengelola pembelajaran dikelas dengan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Bagaimana agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan tepat? Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan efektif dalam setiap Kegiatan belajar mengajar

Model Picture and Picture  merupakan salah satu dari berbagai jenis model pembelajaran inovatif yang saat ini berkembang dan banyak digunakan oleh para guru dalam KBM.

Bagi anda yang saat ini sedang memikirkan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan, maka tidak ada salahnya anda simak artikel ini, siapa tahu model Picture and Picture  dapat menjadi model yang sesuai untuk anda terapkan dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas.

Pengertian dari Model Pembelajaran Picture and Picture


Langkah - langkah Model Pembelajaran Picture and Picture

Model pembelajaran picture and picture diartikan sebagai sebuah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar yang didalamnya terdapat aktivitas untuk memasang atau mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis.

Dengan demikian Model Pembelajaran ini menggunakan gambar sebagai media utamanya dalam proses berlangsungnya pembelajaran.

Gambar - gambar yang digunakan sebagai media inilah yang berperan penting dalam proses pembelajaran.

Sehingga seorang guru harus mempersiapkan gambar-gambar yang akan digunakan sebelum proses pembelajaran berlangsung, gambar-gambar ini nantinya dapat disajikan dalam bentuk kartu dan bentuk lainnya sesuai inovasi guru.

Simak juga model pembelajran berikut :

Langkah - langkah Utama Model Pembelajaran Picture and Picture

Jamal Ma’mur Asmani menyampaikan pendapatnya, bahwa dalam model Picture and Picture terdapat 7 langkah utama yang harus dilakukan, adapun ketujuh langkah itu adalah sebagai berikut:

Penyampaian Kompetensi dasar oleh Guru.



Pada langkah awal ini guru harus menyampaikan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dibahas dalam pembelajaran, adapun tujuan dari penyampaian KD ini adalah untuk memudahkan siswa dalam mengukur sampai sejauh apa materi yang seharusnya dikuasainya. Selain menyampaikan KD guru juga diharapkan dapat menyampaikan beberapa indikator ketercapaian KD tersebut, Hal ini dilakukan dengan tujuan memperjelas pencapaian KKM oleh masing-masing siswa.

Guru Menyajikan materi sebagai pengantar
Pemberian materi ditujukan untuk memotivasi siswa dengan penyampaian materi yang akan dibahas seecara umum dan menarik perhatian siswa, sehingga diharapkan dengan langkah kedua ini para siswa menjadi benar-benar siap untuk memahami lebih dalam lagi materi yang akan diajarkan guru dalam pembelajaran

Ditampilkannya berbagai gambar yang relevan dengan materi oleh guru.
Dalam langkah ini guru memicu dan memotivasi keaktivan siswa dengan mengarahkan siswa untuk mengamati gambar demi gambar yang ditampilkan oleh guru.

Dalam perkembangan dari model ini selanjutnya maka diperkenankan bagi para guru untuk memodifikasikan gambar ataupun mengganti penggunaan gambar sebagai media dengan video maupun dengan demontrasi kegiatan tertentu.

Guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergiliran untuk memasangkan atau mengurutkan berbagai gambar menjadi urutan yang logis.
Pada langkah ini guru mengarahkan siswa untuk aktif dengan mengurutkan gambar-gambar ataupun atau memasangkan gambar-gambar menjadi urutan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Adapun proses penunjukan siswa untuk beraktivitas ini dapat diganti dengan cara lain misalnya saja diganti dengan dilakukan pengundian.

Guru menanyakan alasan atau dasar pemikiran siswa dari urutan gambar yang dilakukannya
Dalam tahapan ini guru berperan sebagai fasilitataor sekaligus motivator agar para siswa mampu berpendapat secara logis terhadap urutan gambar yang telah dilakukannya.

Berdasakan alasan atau urutan gambar tersebut, guru mulai menanamkan konsep atau materi, sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
Pada langkah keenam ini guru harus berupaya memberikan berbagai penekanan terhadap berbagai hal yang ingin dicapai, proses ini dapat dilakukan dengan meminta siswa lain untuk mengulangi atau menuliskannya maupun bentuk lain yang tujuannya adalah agar siswa mengetahui bahwa hal tersebutlah yang merupakan pokok dalam pencapaian KD dan indikator yang telah ditargetkan. Sekali lagi cobalah anda pastikan bahwa para siswa pada tahap ini sudah mampu menguasai indikator ditargetkan.

Mengajak Siswa membuat kesimpulan atau rangkuman materi yang diterimanya dari pembelajaran yang dilakukan.
Kesimpulan dan rangkuman dibuat dengan melibatkan keaktivan siswa. Peran guru disini adalah membimbing proses pembuatan kesimpulan dan rangkuman.

Apabila anda merasa bahwa para siswa masih belum paham terhadap materi yang telah diajarkan maka guru diharapkan dapat memberi penguatan kembali dengan menguatkan pemahaman berdasarkan gambar-gambar yang sudah ditampilkan sebelumnya dalam pembelajaran anda tersebut

Demikianlah pemamaparan tentang Model Pembelajaran Picture and Picture, semoga anda yang telah membaca salah satu artikel situs www.infoduniapendidikan.com ini dan sedang ingin mengenal model pembelajaran ini dapat mengerti dengan baik tentang pengertian dan langkah Model Pembelajaran Picture and Picture ini.

1 komentar: