PENGERTIAN DAN LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Langkah-langkah model pembelajaran kepala bernomor struktur

Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur - Anda saat ini berprofesi sebagai guru atau pendidik? Jika iya cobalah anda sekilas mengenang masa-masa ketika anda masih duduk dibangku sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.


Pernahkah anda merasa bosan saat anda mengikuti jam pelajaran dikelas anda? Mungkin anda merasa tertekan? Atau mungkin anda sulit menerima materi pelajaran dikelas saat guru anda sedang memeri materi?

Sekarang cobalah anda berfikir, apakah siswa anda merasakan hal yang sama dengan yang anda rasakan tersebut? Mudah-mudahan siswa-siswa anda tidak merasakan hal-hal negatif saat Proses pembelajaran yang anda laksanakan berlangsung.

Namun perlu anda ketahui jika anda saat menyampaikan materi menggunakan model pembelajaran yang tidak disukai siswa maka tidak menutup kemungkinan siswa anda akan bosan saat mengikuti jam pelajaran anda, lalu bagaimana solusi agar pembelajaran anda disukai siswa-siswa dan kedatangan anda dinanti-nanti siswa anda?

Banyak faktor sebenarnya, namun salah satu faktor tersebut adalah penggunaan model pembelajaran yang menyenangkan dan mampu membuat siswa merasakan dirinya dihargai kemampuannya.

Jadi pada intinya seorang guru harus kreatif dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi antara materi satu dengan materi lainnya, mengapa?

Karena tidak semua model pembelajaran efektif untuk semua materi, ada kalanya terdapat materi yang cocok diterapkan dengan model pembelajaran X namun tidak cocok diterapkan untuk materi lainnya.

Pengertian Model pembelajaran kepala bernomor struktur

Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi variasi anda dalam melaksanakan tanggung jawab anda dalam menyampaikan ilmu kepada siswa anda adalah model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur.

Model pembelajaran kepala Bernomor Struktur diartikan sebagai sebuah  model belajar dimana para siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok kecil dan diberikan nomor, masing-masing nomor siswa tersebut diberikan tugas yang tidak sama dan nantinya setiap siswa yang nomornya sama dapat bergabung dengan kelompok lain untuk melakukan kerja sama.

Model pembelajaran ini merupakan hasil modifikasi dari model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together).

Namun antara Model kepala bernomor struktur berbeda dengan model NHT, apa perbedaan diantara keduanya?

Perbedaannnya  adalah terdapat pada penugasan dan pada masuk keluarnya anggota kelompok.

Apabila Model kepala bernomor struktur,  maka siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap anggota diberi nomor dan padamasing-masing nomor memperoleh tugas yang tidak sama dan nantinya setiap siswa yang nomornya sama dapat bergabung dengan kelompok lain untuk bekerjasama

Langkah-langkah dalam penerapan Model kepala bernomor struktur



Apabila anda ingin mempraktikan model pembelajaran ini, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam model pembelajaran kepala bernomor struktur berikut ini :

  1. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya diberikan nomor
  2. Guru memberikan tugas untuk semua siswa sesuai dengan nomor yang dimiliki siswa, dan tugas tersebut berangkai. Sebagai Contoh : siswa yang memiliki nomor satu bertugas untuk mencatat soal. Siswa yang memiliki nomor dua bertugas untuk mengerjakan soal dan siswa yang memiliki nomor tiga bertugas untuk melaporkan hasil pekerjaan begitu seterusnya
  3. Guru dapat menyuruh siswa kerja sama antar kelompok jika hal tersebut dipandang perlu, adapun teknisnya adalah siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa yang memiliki nomor yang sama dari keompok lain. Pada kesempatan ini para siswa dengan tugas yang sama diberikan keleluasaan untuk dapat saling membantu ataupun mencocokan hasil kerjasama yang telah mereka lakukan.
  4. Melaporkan hasil kerja kelompok dan pemberian tanggapan dari kelompok yang lain
  5. Kesimpulan

Simak juga Langkah-langkah Model Cooperative Script

Mengenal keunggulan dan kelemahan Model Kepala Bernomor Struktur

Masing-masing model pembelajaran memiliki keunggulan dan kelemahan, begitu juga dengan model pembelajaran kepala bernomor struktur, kelebihan atau keunggulan model pembelajaran ini ada 3 yaitu Setiap siswa menjadi siap semua,

Diskusi dapat dilakukan lebih sungguh-sungguh, antar siswa dapat saling bertukar pikiran.

Sedangkan kelemahan dari model ini adalah kemampuan setiap siswa kurang dapat diketahui secara tepat oleh guru, model ini membutuhkan waktu yang lumaya panjang.

Demikianlah sekilas tentang salah satu jenis model pembelajaran inovatif, yaitu model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur yang telah disampaikan dalam situs www.infoduniapendidikan.com.

Semoga setelah anda membaca dan menghayati artikel pendek ini, anda dapat mengetahui pengertian model pembelajaran kepala bernomor struktur dan langkah-langkahnya.

0 komentar:

Post a Comment