PENGERTIAN DAN LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

Model pembelajaran Example Non Example - Guru saat ini dituntut untuk selalu inovatif dalam melaksanakan pembelajarannya, mengapa? Tentu saja hal ini untuk menunjang kesuksesannya dalam mengemban tugas mulia untuk mencerdaskan bangsa.



Salah satu hal penting yang mutlak harus dipikirkan dengan matang oleh seorang dalam mencapai tujuan pembelajarannya adalah menentukan model pembelajaran yang tepat.

Untuk memberi materi pelajaran kepada siswa-siswanya dengan efektif maka seorang pendidik harus menerapkan sebuah model pembelajaran yang efektif pula.

Sekarang ini dunia pendidikan sudah mengalami kemajuan yang pesat, salah satu bukti kemajuan tersebut adalah dengan ditemukannya berbagai model pembelajaran inovatif, salah satu model pembelajaran inovatif itu adalah model Example Non Example.

Apa itu model Example Non Example? Bagaimana langkah-langkahny? Dan apa pula kelebihan dan kekurangannya? Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Model pembelajaran Example Non Example


Langkah - langkah Model Pembelajaran Example Non Example

Model pembelajaran Example Non Example sesuai dengan pendapat Buehl (1996) yang dikutib dari Apariani dkk, (2010:20) dijelaskan sebagai suatu taktik yang tepat diterapkan atau digunakan dalam  mengajarkan suatu definisi konsep.

Taktik yang dimaksud disini memiliki tujuan untuk mempermudah para siswa dengan cepat dalam memahami suatu definisi konsep dengan menggunakan dua buah hal, yang pertama adalah examples dan yang kedua adalah non examples yang sesuai dengan definisi konsep yang hendak diajarkan guru kepada siswa dengan cara meminta siswa untuk melakukan klasifikasi atau penggolongan dari examples maupun dari non examples.

Examples : memberi sebuah gambaran dari sesuatu yang menjadi contoh sesuai materi yang sedang dibahas, sedangkan non examples; memberi sebuah gambaran terhadap sesuatu yang bukan merupakan contoh dari materi dibahas.



Sementara itu definisi dari Model Examples non examples yang dikutib dari Roestiyah (2001: 73) didefinisikan sebagai model pembelajaran yang mempersiapkan dan menggunakan gambar atau diagram maupun tabel yang telah disesuaikan dengan materi bahan ajar dan kompetensi dasar, adapun penyajian gambar dapat ditempel atau ditampilkan menggunakan LCD atau OHP,

Selanjutnya sesuai dengan bimbingan dari guru siswa mengamati berbagai sajian gambar yang disajikan guru, yang dilanjutkan dengan kekgiatan diskusi kelompok terkait gambar yang telah disajikan guru, tahap berikutnya siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok, kemudian diakhiri dengan bimbingan dalam membuat kesimpulan, evaluasi serta kegiatan refleksi.

Simak Juga :
Model Pembelajaran picture and picture dan juga Model Pembelajaran STAD

7 Langkah yang dilakukan dalam Model Examples Non Examples

Model pembelajaran Examples Non Examples sesuai dengan pendapat Agus Suprijono (2009 : 125) dapat dilakukan dengan 7 langkah utama, adapun 7 langkah dalam menerapkan model Examples Non Examples adalah sebagai berikut :

  1. Guru mempersiapkan berbagai gambar yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.Berbagai gambar yang hendak dipakai dalam pembelajaran hendaknya adalah gambar yang relevan dengan materi ajar yang akan dibahas guru.
  2. Guru menyajikan atau menampilkan gambar dengan cara menempekan gambar-gambar tersebut di papan ataupun dapat menayangkannya lewat LCD atau in focus dan alat pendukung lainnya.
  3. Guru memberikan arahan dan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan menganalisa gambar-gambar yang telah disajikan. Dalam tahap ini para siswa diberikan kesempatan untuk melihat, menelaah, mengamati gambar yang telah ditampilkan guru, disini guru diperkenankan untuk memberikan deskripsi dari gambar-gambar tersebut.
  4. Siswa mencatat hasil analisa dari gambar setelah melakukan diskusi kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa. Hasil analisa sebaiknya dicatat dalam sebuah kertas yang disediakan oleh guru.
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
  6. Mulai dari komentar ataupun hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuaidengan tujuan yang ingin dicapai.
  7. Guru bersama-sama para siswa menyimpulkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Demikianlah pembahasan tentang model pembelajaran Example Non Example yang dapat disampaikan disini, Semoga setelah anda membaca artikel dalam situs infoduniapendidikan.com ini dapat memberi anda wawasan bermanfaat tentang pengertian dan langkah model pembelajaran Example Non Example.

2 komentar:

  1. Bermanfaat , mohon ijin untuk kutipan ...

    ReplyDelete
  2. akan lebih bagus bila ada daftar referensinya(buku)

    ReplyDelete