PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Model Pembelajaran Jigsaw - Kegiatan Pembelajaran merupakan sebuah rutinitas yang menjadi bagian dari tugas seorang guru,

dalam pelaksanaan pembelajaran seorang guru dituntut untuk mencapai tujuan pembelajaran, nah untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka kegiatan pembelajaran harus direncanakan dan dilaksanakan dengan semaksimal mungkin,

baik itu dalam persiapan seperti pembuatan RPP, penentuan model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat



Model pembelajaran menjadi sebuah bagian yang penting dalam upaya mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan pembelajaran,

oleh karena itu seorang guru hendaknya menentukan jenis model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi salah satu pilihan adalah model pembelajaran Jigsaw.

Apakah pengertian dari model pembelajaran kooperaif jigsaw? Dan bagaimana penerapan dari model tersebut? Selengkapnya dapat anda simaka dalam penjelasan artikel situs info dunia pendidikan berikut ini:

Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw

Berdasarkan  etimologinya kata “ Jigsaw” merupakan kata yang berasal dari bahasa ingris dengan terjemahan dalam bahasa indonesiannya “gergaji ukir”.

Pola Pembelajaran model jigsaw menyerupai pola cara penggunaan sebuah gergaji, yaitu siswa melakukan aktivitas belajar dengan melakukan kerja sama dengan siswa lain dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan bersama.


Sementara menurut pendapat ahli salah satunya Sudrajat (2008:1) mengartikan Pembelajaran Model Jigsaw sebagai sebuah tipe pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, dimana dalam kelompok tersebut terdiri dari beberapa siswa yang bertanggung jawab untuk menguasai bagian dari materi ajar  dan selanjutnya harus mengajarkan materi yang telah dikuasai tersebut kepada teman satu kelompoknya.

Model pembelajaran Jigsaw akan menjadi sebuah solusi yang efektif apabila diterapkan dalam pengajaran terhadap materi ajar yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi ajar tersebut tidak harus urut dalam penyampaiannya

Simak juga Model pembelajaran PBL

Langkah-langkah Model Pembelajaran Jigsaw


Langkah penerapan model pembelajaran jigsaw

Bagi anda yang ingin menerapkan model pembelajaran jigsaw dalam kelas anda, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan model jigsaw yang disampaikan oleh Stepen, Sikes and Snapp berikut ini :

  1. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota maksimal 5 siswa tiap kelompok.
  2. Masing-masing siswa dalam setiap kelompok diberi bagian materi yang berlainan
  3. Masing-masing siswa dalam kelompok diberi bagian materi yang ditugaskan
  4. Anggota dari kelompok lain yang telah mempelajari sub bagian yang sama berkumpul dalam kelompok baru yang disini disebut sebagai kelompok ahli untuk mendiskusiksn sub bab mereka.
  5. Setelah anggota dari kelompok ahli selesai mendiskusikan sub bab bagian mereka, maka selanjutnya masing-masing anggota dari kelompok ahli kembali kedalam kelompok asli dan secara bergantian mengajar teman dalam 1 kelompok mengenai sub bab yang telah dikusai sedangkan anggota lainnya mendengarkan penjelasan dengan seksama.
  6. Masing-masing kelompok ahli melakukan presentasi hasil diskusi yang telah dilakukan.
  7. Guru melaksanaan kegiatan evaluasi.
  8. Penutup
Bagi anda yang sudah mencoba model pembelajaran jigsaw, mungkin sebagian anda ada yang berhasil menerapkannya dengan baik dan tercapailah tujuan pembelajaran yang anda inginkan namun ada juga yang sudah menerapkan model jigsaw ini dan ternyata tujuan pembelajaran yang diinginkan tidak tercapai, sebenarnya apa yang menyebabkan berhasil atau tidaknya penerapan model jigsaw ini? Nah untuk detailnya penyebab dari keberhasilan ataupun kegagalan anda dalam menerapkan model jigsaw silahkan faktor-faktor berikut ini:

Faktor Penunjang Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw

  • Positive interdependence. Seluruh anggota dalam kelompok seharusnya mempunyai rasa saling ketergantungan.
  • Individual accountability. Masing-masing anggota kelompok seharusnya mempunyai rasa tanggungjawab terhadap kemajuan proses belajar semua anggota tanpa terkecuali.
  • Face-to-face promotive interaction. Adanya interaksi tatap muka dalam aktivitas diskusi dan elaborasi dalam materi yang dibahas.
  • Social skills. Masing-masing anggota seharusnya mempunyai kemampuan bersosialisasi yang baik dengan anggota lainnya sehingga memungkinkan pemahaman materi bisa diterima secara kolektif.
  • Groups processing and Reflection. Kelompok seharusnya dapat melakukan evaluasi terhadap proses belajar yang telah dilakukan dalam rangka peningkatkan kinerja kelompok.

Faktor penghambat keberhasilan model pembelajaran Jigsaw

1.Guru dan siswa masih asing dengan model jigsaw.
Baik siswa maupun guru masih terbawa terbiasa dengan model pembelajaran konvensional, yang didalamnya materi ajar diberikan hanya satu arah yaitu dari guru kepada siswa.
2.Terbatasnya waktu.
Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan model jigsaw lebih banyak daripada pembelajaran konvensional.

Demikianlah pembahasan yang dapat penulis berikan mengenai Model pembelajaran kooperatif type jigsaw. Semoga bagi anda sebagai pendidik ataupun calon pendidik dapat menerapkan model pembelajaran jigsaw dengan sukses, setelah memahami pengertian dan langkah-langkah model pembelajaran jigsaw.

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment