PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN NHT

Model pembelajaran sekarang ini telah memiliki banyak jenisnya, sehingga bagi para pendidik profesional sudah sewajarnya menerapkan berbagai model pembelajaran inovatif yang tepat untuk melaksanakan KBM.



Salah satu model pembelajaran yang dinilai efektif adalah Model pembelajaran NHT.

Model pembelajaran NHT atau lebih lengkapnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together merupakan sebuah metode yang dikembangkan oleh tokoh ternama yaitu Spencer Kagan. Lebih jauh tentang model NHT silahkan simak berikut ini :

Pengertian model pembelajaran NHT


Langkah - langkah Model Pembelajaran NHT

Model pembelajaran NHT diartikan sebagai sebuah model pembelajaran yang mengutamakan adanya aktivitas para siswa dalam mencari dan mengolah serta melaporkan informasi yang diperoleh dari berbagai macam sumber yang pada akhirnya siswa mempresentasikannya di depan kelas.

Model pembelajaran  Numbered Head Together (NHT) merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural yang memberi penekanan pada struktur-struktur khusus sengaja dirancang dengan tujuan mempengaruhi pola interaksi siswa.

Struktur Kagan ini pada dasarnya dibuat agar siswa - siswa dapat bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif

Simak juga ya, model pembelajaran Example non Example serta simak juga model pembelajaran tematik

Langkah-Langkah Utama Model Pembelajaran NHT

Model NHT dapat dilakukan dengan melaksanakan 6 langkah utama, adapun 6 langkah dalam penerapan model pembelajaran NHT adalah sebagai berikut :




1.Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok memiliki personil 3-5 siswa. Dasar dalam pembentukan kelompok tersebut diantaranya adalah berdasarkan nilai tes awal, perbedaan jenis kelamin serta perbedaan suku.

Setelah terbentuk kelompok maka selanjutnya Guru memberi nomor kepada masing-masing siswa dalam setiap kelompok dan serta memberikan nama kelompok yang berlainan.

2.Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
Sebaiknya sebelum pemberian tugas guru terlebih dahulu memastikan setiap kelompok memiliki sumber informasi yang relevan seperti buku paket, modul dan lainnya sehingga dapat memberi kemudahan kepada siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

3.Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya.

Pada langkah ketiga dalam model NHT ini masing-masing siswa dalam setiap kelompok berfikir bersama dalam usaha menemukan jawaban yang tepat atas tugas yang diberikan guru, serta berusaha meyakinkan bahwa masing-masing anggota kelompok mengetahui jawaban (jika jawabannya sudah berhasil ditemukan kelomok tersebut) dari pertanyaan yang diberi guru.

4.Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.

Dalam langkah keempat ini, guru menyebut satu nomor dan bagi siswa yang nomornya disebut dari setiap kelompok mengangkat tangan dan melaporkan hasil (jawaban) kerja masing-masing kelompoknya kepada seluruh siswa dikelas.

5.Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
Siswa yang nomornya tidak disebut guru berusaha memberi tanggapan atas jawaban dari siswa yang menyampaikan hasil kerja kelompoknya, jika sudah selesai guru dapat menunjuk nomor berikutnya.

6.Kesimpulan
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan jawaban akhir yang benar dari setiap pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah dibahas.

Demikianlah pembahasan tentang model pembelajaran NHT, semoga anda mampu menangkap apa yang disampaikan admin situs info dunia pendidikan dalam artikel ini khususnya terkait pengertian model pembelajaran NHT dan langkahnya.

0 komentar:

Post a Comment