PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR DARI BERBAGAI PENDAPAT TOKOH TERKEMUKA

Bagi seorang pendidik ada sebuah kunci penting yang tidak dapat dilupakan dalam kesuksesan pembelajaran, kunci yang dimaksud disini adalah motivasi belajar.



Mengapa motivasi belajar menjadi salah satu kunci penting dalam kesuksesan pembelajaran? Untuk mengetahui jawabannya maka terlebih dahulu perlu dimengerti tentang pengertian motivasi belajar.

Pengertian Motivasi Belajar dari para tokoh Ahli
Dalam dunia pendidikan tentunya kata “ motivasi belajar” bukan menjadi sebuah kata yang asing lagi, namun demikian kita harus mengerti pengertian motivasi belajar tersebut dengan benar agar didapatkan pemahaman yang tepat. Untuk dapat memahami pengertian motivasi belajar dengan benar, maka kita simak dulu pengertian motivasi dengan merujuk pada pendapat sejumlah tokoh yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya, langsung saja simaklah beberapa makna motivasi menurut para tokoh terkemuka berikut ini:

Pengertian Motivasi Menurut para tokoh Ahli

a) Pengertian Motivasi dari tokoh ahli Mc. Donald. Menurut tohoh ahli yang satu ini motivasi diartikan sebagai perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

b) Pengertian Motivasi menurut A.M. Sardiman dalam bukunya, menjelaskan bahwa  motivasi adalah serangkaian usaha untuk menyediakan berbagai kondisi tertentu, sehingga seseorang tersebut berkenan dan  ingin melakukan sesuatu, dan apabila dia tidak menyukainya, maka akan melakukan usaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka tersebut.

c) Pengertian Motivasi menurut Drs. M. Dalyono pada bukunya yang membahas psikologi pendidikan, dijelaskan bahwa Motivasi  merupakan daya penggerak/pendorong untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu, yang dapat berasal dari dalam diri seseorang maupun dari luar orang tersebut.



Dari Ketiga pengertian motivasi di atas, maka sekarang sudah ada gambaran tentang apa itu motivasi, apakah anda sudah menangkap konsep tentang makna dari motivasi? Mudah-mudahan dengan ide gagasan para tokoh diatas tentang pengertian motivasi, anda dapat mendefinisikan pengertian motivasi sesuai dengan bahasa anda sendiri untuk mempermudah dalam memahami pengertian motivasi, sekarang kita akan memahami pengertian dari motivasi belajar,

apa itu motivasi belajar? Untuk mendefinisikannya maka perlu dimengerti dulu pengertian belajar.

 Belajar diartikan oleh Morgan, sebagai segala perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

Ada pula tokoh yang memiliki pendapat bahwa belajar ”merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan (Slameto, 2003 : 2).

Pengertian motivasi maupun pengertian belajar sudah disampaikan dalam uraian diatas, sekarang dari kedua kata tersebut yaitu motivasi dan belajar, dapat digabung menjadi satu yaitu motivasi belajar,

Sekarang saatnya disimpulkan tentang pengertian motivasi belajar dengan berdasarkan pemikiran para ahli yang tersebut di atas.

Maka motivasi belajar dapat diartikan sebagai keseluruhan dari daya penggerak baik itu yang berasal dari dalam diri siswa maupun yang berasal dari luar siswa tersebut (dengan membentuk serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang diinginkan oleh siswa tersebut dapat dicapai dengan maksimal. Semoga artikel ini dapat memberikan para pembaca wawasan yang cukup terkait pengertian motivasi belajar.

0 komentar:

Post a Comment