MENGENAL KODE ETIK GURU INDONESIA DENGAN BENAR

Setiap profesi tentulah memiliki suatu kode etik yang harus dipatuhi oleh orang-orang yang terlibat dalam profesi tersebut, tidak terkeculai profesi guru.



Apabila seseorang berprofesi sebagai guru maka orang tersebut harus dengan sadar dan tunduk pada kode etik guru.

Bagi anda calon guru atau mahasiswa kependidikan maka tidak ada salahnya mengenal kode etik guru indonesia, sehingga ketika anda sudah menjadi guru anda benar-benar sadar untuk mematuhi kode etik guru tersebut.

Apa pengertian kode etik guru? Nah bagi anda yang baru mulai mengenal atau ingin mengenal kode etik guru maka terlebih dahulu haruslah dimengeri tentang pengertian kode etik guru.

Pengertian Kode Etik guru Indonesia


Kode etik guru indonesia yang harus diamalkan dengan sadar

Makna dari kode etik guru di ndonesia dapat kita pahami dengan terlebih dahulu memahami istilah “kode etik”, apa pengertian dari kode etik?

Kode etik dapat didefinisikan sebagai suatu pola aturan, tata cara, pedoman etis, tanda, dalam menjalankan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan tertentu.

Jadi kode etik menjadi sebuah pedoman dalam melakukan sebuah tugas dan tanggungjawab seseorang terkait dengan profesinya.

Jika anda sudah mengetahui makna dari kode etik, sekarang siapakah yang layak untuk disebut guru? Atau apa pengertian dari guru yang sebenarnya?

Guru dapat diartikan sebagai orang-orang  yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab dalam melakukan pembimbingan dan pembinaan anak didik di dalam sekolah ataupun diluar sekolah.


Sekarang dari arti kata “kode etik” dan “guru” sudah dapat ditarik definisi dari kode etik guru, yang sederhana diartikan sebagai aturan tata susila atau pedoman seorang guru dalam menjalankan kewenangan dan tanggung jawabnya.

Dengan demikian pengertian dari kode etik guru indonesia yaitu sebuah pedoman / seperangkat aturan atau norma-norma tingkah laku yang sifatnya wajib untuk ditaati dan diikuti oleh seorang guru di negara indonesia dalam menjalankan tugas dan tanggung  jawabnya sehari-hari sebagai seorang guru.

Butiran Kode etik Guru Indonesia yang harus diamalkan

  1. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.
  2. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional.
  3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan.
  4. Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar mengajar.
  5. Guru memelihara hubungan dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.
  6. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya.
  7. Guru memelihara hubungan seprofesinya, semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial.
  8. Guru secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian.
  9. Guru melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan
Itulah pengertian kode etik guru dan beberapa poin penting yang termasuk dalam kode etik guru indonesia dan wajib diamalkan oleh setiap orang yang berprofesi sebagai guru di negara indonesia ini.

Semoga artikel dalam situs info dunia pendidikan yang telah anda baca dapat memberi anda wawasan tentang kode etik guru indonesia dan memberi semangat kepada anda yang berprofesi sebagai guru untuk mengamalkan kode etiknya sebagai guru indonesia.

0 komentar:

Post a Comment