PENGERTIAN DAN LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Suatu kegiatan belajar mengajar di  sekolah sekarang tak hanya model pembelajaran satu arah. Guru menerangkan dan murid mencatat serta mendengarkan.


Tetapi pembelajaran yang efektif harus melibatkan murid dalam proses pembelajaran tersebut atau biasa disebut sebagai pembelajaran aktif.

Sekarang sudah banyak sekali model pembelajaran aktif yang bisa di praktekkan di kelas. Salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri.

Pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif di kelas untuk menemukan sesuatu yang baru untuk di pelajari. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai model pembelajaran aktif inkuiri.

Pengertian Model Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran inkuiri biasa disebut dengan model pembelajaran penemuan. Pembelajaran inkuiri membuat siswa untuk bisa mencari dan menyelidiki suatu masalah dengan cara yang sistematis, kritis, logis dan di analisis dengan baik.

Model pembelajaran ini akan membuat siswa lebih banyak berdiskusi untuk memecahkan masalah. Model pembelajaran ini cocok untuk pembelajaran IPA, karena siswa dituntut untuk meneliti suatu hal dengan lebih kritis.

Disini guru hanya menjadi fasilitator yang membimbing siswa untuk menemukan permasalahan yang diberikan. Secara umum ada dua jenis pembelajaran inkuiri yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran inkuiri bebas

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri

Penerapan Model pembelajaran Inkuiri dengan benar
Setelah mengetahui pengertian dari model pembelajaran inkuiri, sekarang anda perlu tahu bagaimana langkah dari model pembelajaran inkuiri ini. Pada model pembelajaran ini langkah pertama guru memberikan suatu permasalahan yang harus dipecahkan oleh murid. Langkah yang pertama ini disebut sebagai tahap orientasi.

Memberikan masalah, memberikan tujuan dari pembelajaran ini dan sebagainya.

Langkah kedua merumuskan masalah. Pada tahap ini siswa mencoba untuk merumuskan masalah dari masalah yang diberikan oleh guru.


Tahap selanjutnya adalah siswa diminta untuk membuat hipotensi dari permasalahan tersebut. Perumusan masalah bisa mengambil dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan.

Tahap yang keempat adalah mengumpulkan data. Setelah mempunyai hipotesis, siswa diminta untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan permasalahan yang diberikan.

Dalam tahap inilah siswa akan bisa mengembangkan intelektualnya karena siswa diminta untuk berpikir kritis dan analitis.

Langkah kelima menguji hipotesis, dalam tahap ini siswa menyesuaikan antara data yang diperoleh dengan dengan hipotesis yang sudah dirumuskan.

Sesuai atau tidak, sehingga siswa akan menghasilkan kesimpulan yang tak hanya melalui argumentasi saja tetapi sudah diuji dengan data yang valid.

Langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Setelah menguji hipotesis dengan data yang diperoleh, siswa akan menarik kesimpulan dan mempertanggungjawabkan hasil yang sudah di peroleh.

Model pembelajaran inkuiri ini memang sangat bagus dikembangkan dalam proses belajar mengejar. Model pembelajaran ini tak hanya mengedepankan perkembangan intelektual siswa tetapi juga perkembangan emosional dalam memecahkan masalah dalam kelompok.

Dengan model ini, siswa akan lebih memahami masalah yang diberikan. Hal ini dikarenakan siswa mencari semua data dan menyimpulkannya sendiri.

Guru harus berperan aktif dalam diskusi pada akhir pembelajaran. Membenarkan suatu hal yang salah dari yang disimpulkan oleh siswa.

Demikianlah yang dapat blog www.infoduniapendidikan.com sampaikan dalam artikel ini, setelah ini silahkan pahami model pembelajaran inkuiri

PENGERTIAN DAN LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

1 komentar: