PENGERTIAN DAN JENIS METODE PEMBELAJARAN DALAM KBM

Metode Pembelajaran merupakan suatu cara tertentu yang dilakukan pendidik dalam usaha pencapaian tujuan pembelajaran.



Metode Pembelajaran adalah hal yang sangat penting dari suatu proses pembelajaran karena tanpa adanya cara atau metode yang matang yang diterapkan dalam praktik atau proses pembelajaran, ada kemungkinan tujuan yang ingin dicapai tidak bisa diraih. Apabila Tujuan Pembelajaran tidak tercapai maka hal Ini bermakna gagalnya proses pembelajaran yang dilakukan.

Dari Pengertian metode pembelajaran seperti demikian, tampak bahwa metode merupakan satu hal yang harus dirumuskan sejak awal untuk kemudian dipraktekkan.

Dalam praktek tersebut, jika ada gejala bahwa metode yang digunakan tidak berpotensi membimbing ke arah keberhasilan, metode tersebut harus diganti dengan metode yang lain.

Ada berbagai macam metode yang bisa dipilih oleh seorang pengajar dalam menyampaikan pengajaran.

Tentu saja dalam melakukan pemilihan, menyesuaikan dengan minat peserta didik dan kemampuan si pengajar itu sendiri merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan dan dijaga keseimbangannya.

Berbagai Jenis Metode Pembelajaran

Macam-macam metode pembelajaran yang diterapkan dalam KBM

Jenis-jenis Metode Pembelajaran yang bisa ditemukan sekarang sebenarnya sangat banyak. Meskipun demikian, ada beberapa di antaranya yang memiliki kepopuleran yang lebih dalam hal penggunaan.

Salah satu yang bisa dianggap sebagai yang paling populer adalah metode ceramah. Metode ini merupakan metode yang kuno dan sudah ditinggalkan oleh kebanyakan pengajar modern.

Meskipun demikian, popularitasnya masih tetap bertahan khususnya karena metode ini merupakan metode yang paling mudah dilakukan.

Meskipun demikian, kritik atas metode ini adalah efektifitas tujuan mengajar yang kadangkala tak bisa tercapai dengan maksimal



Macam-macam metode pembelajaran yang lain yang juga populer adalah metode diskusi. Melalui metode ini, siswa diharapkan bisa lebih aktif sementara sang pengajar sendiri mengambil sikap pasif Metode ini disukai karena bisa sekaligus menanamkan pendidikan karakter terhadap siswa. Melalui berdiskusi, siswa akan berlatih mengeksplorasi pikiran mereka dan sekaligus juga memberikan mereka pengalaman untuk berinteraksi dengan baik secara sosial. Sebagian besar pengajar modern memilih metode ini berdasarkan alasan-alasan tersebut. Selain dua jenis metode ini, ada juga berbagai metode lain misalnya metode demonstrasi ataupun metode eksperimental yang masing-masing juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri.

Memilih Metode Pembelajaran yang Sesuai

Seorang pengajar harus bisa memilih Metode Pembelajaran yang sesuai demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Dalam memilih metode tersebut, dia harus memperhatikan beberapa aspek yang sangat penting, misalnya minat dan kegemaran peserta didik dan kemampuan dirinya sendiri.

Metode ceramah misalnya akan sangat berhasil seandainya sang pengajar memang memiliki kemampuan menerangkan pelajaran dengan cara yang mudah dipahami siswa.

Sementara itu metode diskusi tentunya akan sedikit terhambat jika sang pengajar tidak memberikan informasi-informasi awal sebagai pembuka tema.

Dengan demikian, terkadang metode campuran merupakan pilihan yang tepat. Demikianlah pemaparan artikel pendidikan tentang metode pembelajaran dalam blog criticaleducatorsnetwork.blogspot.com , selanjutnya bacalah pengertian dan langkah model pembelajaran STAD

PENGERTIAN DAN JENIS METODE PEMBELAJARAN DALAM KBM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

2 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali. salam kenal dari Kolang kaling

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, bisa menambah pengetahuan.

    ReplyDelete