PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN TERBARU

Media Pembelajaran berarti alat-alat yang lazim digunakan untuk membantu tercapainya tujuan semaksimal mungkin dari proses belajar-mengajar.



Ada banyak sekali macam media pembelajaran yang bisa digunakan sekarang. Memilih media yang tepat tentu saja merupakan langkah yang harus dipertimbangkan demi mendapatkan hasil yang memadai dari sebuah proses belajar mengajar.

Media tersebut harus dibedakan berdasarkan perbedaan karakteristik bahan yang diajarkan. Media untuk membantu pelajaran matematika misalnya, jelas berbeda dengan media untuk membantu pelajaran bahasa

Berbagai Jenis Media Pembelajaran Sederhana

Macam-macam media pembelajaran dalam proses KBM

Jenis media pembelajaran sederhana yang pertama adalah jenis visual. Jenis ini cenderung sangat mudah dan harganya murah.

Pembelajaran matematika misalnya bisa menggunakan media pembantu berupa grafik ataupun bagan. Sementara itu pembelajaran bahasa bisa dibantu dengan media komik.

Ini merupakan jenis media yang paling sederhana dan paling sering digunakan karena mudahnya menggunakan media itu sendiri.

Meskipun demikian, bisa jadi media semacam ini menjadi kian tidak menarik karena seringnya digunakan dari masa ke masa. Kreatifitas yang bisa digunakan untuk memodifikasinya juga terbatas untuk dilakukan.

Jenis Media Pembelajaran sederhana yang kedua adalah jenis audial. Jenis ini sedikit lebih canggih dari jenis media visual khususnya karena rangsangan terhadap syaraf pendengaran terkadang lebih menarik daripada terhadap aspek penglihatan.

Meskipun demikian, media semacam ini tentu saja kurang tepat digunakan untuk pembelajaran matematika misalnya.

Kecocokan media ini justru bisa ditemukan pada pengajaran bahasa. Maka jenis-jenis yang bisa disebutkan misalnya adalah tape recorder ataupun audio yang didapatkan di laboratorium pengembangan bahasa

Jenis-jenis Media Pembelajaran Kontemporer




Sementara itu, media yang bisa digunakan sebagai media yang lebih canggih daripada dua jenis yang disebutkan di awal bisa ditemukan juga dalam dua klasifikasi. Yang pertama adalah jenis projected still media. Jenis ini memberikan tampilan visual yang masih terbatas. Terkadang juga disertai dengan sarana audial. Slide projector merupakan contoh yang paling sering digunakan.

Pembelajaran dengan media ini bisa digunakan baik bagi pembelajaran matematika ataupun bahasa dan merupakan penggabungan dari dua jenis media yang sudah disebutkan di awal

Jenis yang kedua dari Media Pembelajaran kontemporer adalah projected motion media.

Jenis ini tentu saja sering masih membutuhkan sarana projected still meskipun secara natural merupakan konsep yang lebih canggih sebab menampilkan tampilan visual yang bergerak.

Kombinasi dengan sarana audial memperkaya rangsangan yang bisa menimbulkan minat siswa. Bentuk yang paling sering digunakan misalnya adalah film.

Meskipun demikian, kecanggihannya bisa dibatasi dengan kecocokannya sebagai media bantu pembelajaran bahasa secara efektif.

Pemutaran film tentu saja masih membutuhkan proyektor dan akan sedikit susah untuk menghubungkannya dengan pembelajaran matematika.

Media yang terakhir ini sangat efektif untuk menciptakan rangsangan belajar pada siswa. Demikianlah pembahasan tentang media pembelajaran, selanjutnya blog www.infoduniapendidikan.com akan membahas pengertian dan berbagai jenis metode pembelajaran

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN TERBARU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment