MENGENAL 10 CIRI GURU PROFESIONAL DENGAN TEPAT

Menjadi seorang guru profesional merupakan hal yang sangat penting karena hal itu akan mempengaruhi hasil akhir proses belajar mengajar yang dilakukan.


Seorang guru profesional tentu saja akan menghasilkan output yang bagus terhadap siswanya. Ada berbagai macam Ciri Guru Profesional dan sepuluh di antaranya dapat ditemukan di bawah ini.

Tentu saja masih ada banyak ciri yang lain yang bisa diketahui dan sepuluh yang dijabarkan merupakan sepuluh aspek terpenting yang bisa mewakili aspek profesionalitas guru zaman sekarang.

Memiliki keseluruhan ciri tersebut merupakan jaminan bahwa anda merupakan seorang guru profesional. Selengkapnya tentang ciri guru yang profesional dapat disimak dalam situs www.infoduniapendidikan.com berikut ini

Sepuluh Ciri Guru Profesional

Ciri-ciri utama guru profesional
Karakteristik guru profesional yang pertama adalah keikhlasan dalam mendidik. Hal ini bermakna bahwa seorang guru selalu memiliki waktu untuk mendidik siswanya menjadi lebih baik. Kapanpun seorang siswa membutuhkan bimbingan, ia akan bersedia memberikannya. Ciri yang kedua adalah mengajarkan sesuatu yang bermanfaat. Maka seorang guru harus selalu menerangkan tujuan pembelajaran dalam bentuk yang teratur. Ciri yang ketiga seorang guru harus mendisiplinkan siswa dengan bentuk contoh. Dengan kata lain, sebelum mengajarkan kepada siswanya untuk berdisiplin dalam belajar, seorang guru harus memberikan contoh terlebih dahulu misalnya dengan selalu datang mengajar tepat waktu

Ciri Guru Profesional yang keempat adalah seorang guru merupakan seorang manajer kelas sekaligus.

Wakilnya adalah ketua kelas. Dengan kata lain, seorang guru profesional memiliki kemampuan yang memadai untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif.

Ciri yang selanjutnya, seorang guru harus mempercayai bahwa siswanya memiliki peluang untuk menjadi seorang yang sukses.

Senakal apapun siswa yang bersangkutan, seorang guru harus memiliki kesabaran membimbingnya. Ciri yang keenam adalah bahwa guru harus mengajarkan apapun yang dia ketahui pada siswanya dengan harapan mereka bisa menjadi lebih baik daripada dirinya sendiri.




Ciri guru yang profesional yang ketujuh adalah dia selalu berkomunikasi secara teratur dengan orang tua siswanya. Dengan demikian, perkembangan siswanya secara psikologis juga bisa dipantau dengan baik. Ciri yang kedelapan adalah bahwa guru harus merupakan orang yang terdidik. Dengan kata lain ia harus menguasai bahan ajar dengan baik.

Untuk itu, dia juga harus memiliki ciri yang kesembilan yaitu kemampuan menyesuaikan pengetahuannya dengan kurikulum yang diwajibkan di sekolah tempat dia mengajar.

Ciri yang terakhir adalah hubungan yang harmonis dengan siswanya.

Dengan demikian, dia akan selalu dihormati dan bisa membimbing mereka dalam situasi yang menyenangkan pula.

Menjadi Guru Profesional

Menjadi seorang guru profesional tentu saja bermakna bahwa anda memiliki semua Ciri Guru Profesional yang sudah dipaparkan di atas.

Hal tersebut sebenarnya hal yang mudah sepanjang anda memang mencintai profesi guru dan di saat yang sama juga mencintai siswa-siswa anda.

Menanamkan konsep bertanggung jawab merupakan awal yang sangat bagus untuk mencapai predikat seorang guru profesional. Selnjutnya bacalah pengertian dan macam-macam media pembelajaran yang efektif

MENGENAL 10 CIRI GURU PROFESIONAL DENGAN TEPAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment