ARTI PENTING KAMUS BAHASA INDONESIA DALAM PENDIDIKAN

Kamus bahasa indonesia merupakan kamus yang menyajikan berbagai leksem bahasa Indonesia. Dengan menggunakannya orang bisa mengetahui yang mana leksem yang baku dari bahasa Indonesia dan yang mana yang tidak baku.



Menggunakan kata yang tidak baku memang bukan merupakan hal yang terlarang, akan tetapi dalam situasi formal orang harus menggunakan bahasa yang baku untuk menunjukkan penghormatan terhadap bahasa nasional dan sekaligus juga menunjukkan rasa cinta terhadapnya.

Kamus merupakan aspek yang sangat penting dalam pengajaran bahasa dan demikian juga bahasa Indonesia.

Kamus Bahasa Indonesia dan Kata Baku

Peran Kamus Bahasa Indonesia Dalam Pendidikan
Kamus Bahasa Indonesia yang resmi dan menjadi babon dalam dunia pendidikan adalah kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini lebih akrab dikenal dengan sebutan KBBI. Penyusunnya adalah tim yang tersusun dari banyak ahli bahasa Indonesia. Kamus ini juga mengambil berbagai rujukan yang sangat kaya termasuk kamus dewan bahasa melayu. Pembaharuan kamus ini terus dilakukan dan edisi keempat dirilis pada tahun 2008 dengan isi mengandung lebih dari 90.000 lema bahasa Indonesia

Kamus bahasa indonesia, khususnya KBBI, merupakan sumber yang paling terpercaya dalam mencari kata baku.

Dalam dunia pendidikan, mengetahui kata baku merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebut menunjukkan pula hasil dari pendidikan formal yang telah dilakukan. Bahasa tidak baku hanyalah digunakan sebagai bahasa pergaulan.

Dalam dunia sastra sekalipun, seorang sastrawan harus mengetahui lebih dahulu versi kata baku sebelum ia memutuskan menggunakan kata tidak baku dengan alasan-alasan tertentu.

Dengan demikian, bahasa baku memiliki kaitan erat dengan dunia pendidikan dan ia tidak bisa dicapai tanpa menggunakan bantuan dari kamus yang terpercaya.


Mengetahui bagaimana menggunakan kata baku tersebut juga bisa ditemukan dalam Kamus. Dalam penjelasan mengenai pengertian tema, orang akan menemukan berbagai contoh penggunaan kata tersebut. Hal tersebut akan sangat membantu dalam mengimplementasikan penggunaan kata bersangkutan dalam sebuah kalimat atau ujaran.

Dengan demikian, peran penting kamus bahasa Indonesia sebenarnya adalah memperkaya wawasan dan memberikan keteraturan dalam mengungkapkan gagasan dengan baik dan benar

Harga Kamus Bahasa Indonesia

Kamus bahasa Indonesia versi pusat bahasa atau yang juga dikenal dengan KBBI edisi keempat bisa didapatkan dengan harga 350.000.

Tentu saja jika sedikit keberatan untuk membelinya akan sangat penting bagi sebuah sekolah untuk menyediakan sebanyak-banyaknya kamus ini di perpustakaan sekolah.

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi, kamus ini juga diterbitkan dalam versi pdf dan daring. Dengan demikian, anda bisa mendownloadnya ataupun bahkan menggunakan fasilitas dalam jaringan internet untuk mencari pengertian sebuah kata.

Selain itu, dalam versi luar jaringan, anda juga bisa mendownload aplikasinya yang tentu saja akan mempermudah akses terhadap kamus tersebut di manapun anda berada dan kapanpun anda ingin dengan harga yang relatif lebih murah.

Setelah mengerti tentang pentingnya kamus bahasa indonesia maka silahkan pahami sejarah bahasa indonesia dalam artikel blog www.infoduniapendidikan.com selanjutnya

ARTI PENTING KAMUS BAHASA INDONESIA DALAM PENDIDIKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto, Spd

0 komentar:

Post a Comment